Sukses

Petinju Perempuan Arab Saudi Taklukkan Dua Gunung Tertinggi Dunia

Rasha al-Khamis, petinju perempuan Arab Saudi pertama yang bersertifikat dari kerajaan menaklukkan dua puncak tertinggi dunia.

Liputan6.com, Riyadh - Rasha al-Khamis, seorang perempuan Arab Saudi berusia 28 tahun, telah menorehkan prestasi terbaru. Ia menjadi petinju perempuan bersertifikasi pertama yang berhasil mendaki dua dari tujuh puncak tertinggi dunia (Seven Summit).

Dikutip dari Al Arabiya pada Minggu (25/3/2018), Rasha mengatakan, ada kesamaan dari tinju dan mendaki. Yakni, kegembiraan dan tantangan.

Meskipun Rasha berasal dari keluarga yang dikenal karena budaya dan seni, cucu dari almarhum penulis Abdullah bin Khamis, menjelaskan semangatnya untuk olahraga, geografi dan alam membawanya ke dunia ini.

Rasha mengatakan, dia mengenakan sarung tangan tinju pertamanya pada tahun 2011 ketika belajar di Universitas Southern California dan saat itulah cintanya untuk olahraga dimulai.

"Saya bergabung dengan klub tinju dan berlatih dua hingga tiga kali seminggu selama dua tahun berturut-turut," katanya.

"Saya menyukai permainan dan saya mendapat banyak manfaat dari itu karena telah mengembangkan karakter dan keterampilan saya seperti kecepatan dan efisiensi."

"Tinju adalah olahraga yang luar biasa, dan salah satu olahraga tercantik yang pernah saya mainkan. Tinju menanamkan kepercayaan diri dan menghilangkan energi negatif sembari memberikan energi pada pikiran.

Sebagai petinju, Anda harus memiliki refleks yang cepat. Itu juga bukan olahraga yang mahal, tetapi perlu kemauan keras untuk menguasainya," ucap perempuan Arab Saudi itu.

Perjalanan untuk Diakui Kerajaan Arab Saudi

Rasha menerima gelar Masternya dalam manajemen kebijakan internasional dan publik dari California. Tesisnya berfokus pada fasilitas olahraga wanita di Arab Saudi.

Dia menunjukkan bahwa sekembalinya dari Amerika Serikat ke Arab Saudi, dia menghadiri acara yang dihadiri oleh presiden Federasi Tinju Saudi. Dia memperkenalkan dirinya dan mengusulkan cara-cara agar tinju perempuan di Arab Saudi bersinar.

Presiden federasi menjawab bahwa mereka membutuhkan pelatih dan atlet perempuan.

"Saya kemudian bergabung dengan Federasi Tinju Saudi dan berkemah di sana selama empat bulan untuk membangun keterampilan saya dan pengalaman sebelumnya. Saya belajar asal-usul olahraga itu menurut sekolah Kuba dan berhasil lulus dari pelatihan saya. Saya dianugerahi sertifikat tinju pelatih resmi saya segera setelah itu," kenangnya.

Sekarang Rasha menghabiskan tiga minggu melatih wanita di Raja Saud University.

"Pelatihan dan kegembiraan para gadis sangat menarik. Bayangkan jumlah gadis yang bergabung dengan kelas saya sekitar 160, yang merupakan jumlah yang besar. "

Rasha mengatakan, dia mengadakan kelasnya di pagi hari, mengikuti rutinitas yang dia miliki di California untuk menunjukkan kepada gadis-gadis itu dampak positif memulai hari mereka dengan berolah raga.

"Mimpi saya adalah untuk seorang perempuan Saudi untuk memenangkan medali emas di Olimpiade," kata perempuan Arab Saudi itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga dari Kecil

Olahraga menjadi bagian hidupnya Rasha sedari kecil. Sejak berusia enam tahun, ayahnya membeli ring basket dan beberapa alat senam di halaman belakang rumah mereka.

"Setelah saudara laki-laki saya dan saya menyelesaikan PR kami, kami akan pergi keluar di sore hari untuk bermain basket selama satu setengah jam, lalu 30 menit lagi bermain senam selama lima hari seminggu," katanya.

Rasha mengatakan bahwa ayahnya mendorong mereka dan mengajarkan mereka aturan dari setiap pertandingan. Dia menambahkan bahwa dia tidak pernah membedakan antara dia dan saudara laki-lakinya hanya karena dia seorang gadis.

Rasha terus bermain basket di sekolah sampai dia berusia 14 tahun, dan masuk ke olah raga lain juga seperti sepak bola dan senam.

Dia juga seorang bintang di sekolahnya yang memenangkan tempat pertama selama lima tahun berturut-turut.

Guinness World Record

Membuat terobosan dalam tinju permpuan di kerajaan bukanlah satu-satunya tantangan yang berhasil ditaklukkan Rasha.

Pada 2017, ia mengemas tasnya dan bergabung dengan 11 perempuan Saudi lainnya untuk mendaki Pegunungan Atlas di Maroko yang mereka lakukan dalam rentang waktu empat hari.

Pada bulan Juni tahun yang sama, Rasha meraih Guinness World Record karena memainkan pertandingan sepak bola di puncak Gunung Kilimanjaro yang tingginya 5.714 meter.

Rasha memecahkan rekor bersama dengan 30 wanita lain dari berbagai negara untuk tujuan amal dengan nama 'Equal Playing Field'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini