Bisakah Anda Menebak Warna Bola Tenis Ini?

Oleh Afra Augesti pada 22 Mar 2018, 15:01 WIB
Diperbarui 22 Mar 2018, 15:01 WIB
Bola Tenis
Perbesar
Bola tenis yang digunakan di French Open 2012. (Wikimedia/Creative Commons)

Liputan6.com, Jakarta - Tenis adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara dua pemain, seperti badminton, masing-masing pemain menggunakan raket. Hanya saja, jenis raket yang digunakan berbeda bentuk, karena fungsinya pun berbeda.

Jika dalam pertandingan badminton menggunakan bola bulu tangkis bernama kok, beda halnya dengan tenis. Olahraga ini memakai bola kecil berbentuk bulat dan berwarna kuning. Tapi, apakah bola tenis benar-benar berwarna kuning?

Tampaknya ini adalah pertanyaan sederhana, namun perdebatan mengenai warna bola tenis ramai diperbincangkan di media sosial. Beberapa orang mengatakan warna bola tenis adalah hijau cerah, sebagian lagi menyebut kuning. Ada pula yang mengatakan percampuran hijau dan kuning.

Dalam sebuah video yang ditonton hampir 315 ribu kali, Association of Tennis Professionals membocorkan jawabannya. Rekaman itu menunjukkan petenis papan atas, Roger Federer, yang memberikan jawaban atas pertanyaan sepele itu.

"Bola tenis itu kuning, kan?" kata pria berkebangsaan Swiss ini, seperti dikutip dari BBC, Rabu 21 Maret 2018.

Bagi sejumlah orang, jawaban Federer sudah cukup mewakilkan "dunia". Artinya, jika bintang tenis ini mengatakan bola tenis berwarna kuning, maka seluruh orang setuju bahwa bola tenis berwarna kuning.

"Menurutku, selama ini bola tenis berwarna hijau, tetapi kalau Roger Federer mengatakan itu kuning, maka aku harus berkata apa lagi?" ungkap seorang warganet berkomentar di video yang diunggah di akun Twitter @delaneyanndold.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Ilusi Optik

Bola Tenis
Perbesar
Bola tenis. (Wikimedia/Creative Commons)

Pernyataan Roger Federer didukung oleh salah satu pengguna Twitter. Ia menegaskan, bola tenis sesungguhnya berwarna neon kuning (fluorescent yellow), sehingga bisa juga dilihat sebagai warna hijau.

"Sebenarnya, warna bola tenis adalah neon kuning yang sedikit terlihat seperti hijau..." tulis akun Twitter @ pks_2611 pada 20 Maret 2018.

Ia menambahkan, warna bola tenis harus berbeda dengan warna rumput lapangan, sehingga tidak mengecohkan pemain. Dengaan kata lain, bola tenis tak boleh berwarna hijau.

Namun, perbedaan warna yang diperdebatkan publik disebabkan oleh ilusi optik. Profesor Stephen Westland, ketua ilmu dan teknologi warna di University of Leeds, Inggris, mengatakan bahwa cara seseorang melihat warna sangat bervariasi.

"Kita selalu melihat warna dari sudut pandang berbeda. Yang mengejutkan adalah hal ini tidak sering terjadi," tuturnya.

"Ada kemungkinan bahwa orang-orang dapat melihat warna yang berbeda, tetapi mereka tak bisa membaca apa yang ada di dalam pikiran orang lain."

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait