Destinasi Wisata Indonesia Jadi Primadona di Perth

Oleh Liputan6.com pada 22 Mar 2018, 06:54 WIB
Diperbarui 24 Mar 2018, 06:13 WIB
Perth Holiday and Cruise Expo 2018 di Crown Hotel, Perth dan Crab Festival di Mandurrah, Australia. (Sumber: KJRI Perth)​

Liputan6.com, Perth - Wakatobi, Danau Toba, Lombok dan Raja Ampat menjadi beberapa destinasi baru yang mendapat perhatian di booth Indonesia, dalam dua event yang diikuti oleh Pemerintah Tanah Air melalui KJRI Perth dan kementerian Pariwisata yaitu Perth Holiday and Cruise Expo 2018 di Crown Hotel, Perth dan Crab Festival di Mandurrah.

Acara tersebut berlangsung pada 17-18 Maret.

Pada kedua kegiatan tersebut, seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Kamis (22/3/2018), booth Indonesia diserbu pengunjung yang sangat antusias ingin mengetahui paket wisata ke Nusantara. Berbagai pertanyaan mengenai beragam destinasi baru kerap menghampiri.

Booth Indonesia di kedua kegiatan tersebut berhasil membuat pengunjung tertarik.

Pada Expo di Perth ini, booth Indonesia yang bertajuk Indonesia: Bali & Beyond bahkan berhasil mendapat predikat runner-up untuk kategori booth terbaik.

KJRI Perth dan Kementerian pariwisata menggandeng Garuda Indonesia, Batik Air, Helloworld, Real Indonesia Travel, Pemda Wakatobi, dan Komunitas Batak di Perth, mencatat lebih dari 300 enquiries datang dari pengunjung baik mengenai daya tarik destinasi yang dipromosikan. Paket menarik maupun tiket pesawat yang ditawarkan di sana mendapat harga khusus.

Masyarakat Perth yang sangat mengenal Bali tampak antusias dan penuh rasa ingin tahu mengenai destinasi baru seperti Wakatobi yang menawarkan wisata diving, Danau Toba yang merupakan danau kawah vulkanik terbesar di dunia, dsb.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya pengunjung yang duduk dan mendengarkan presentasi mengenai objek wisata Indonesia selain Bali.

 

 

Saksikan juga video berikut:

2 dari 2 halaman

10 Destinasi Unggulan

Marinus Wanewar, Sea Games, Timor Leste, Timnas Indonesia U-22
Ilustrasi Indonesia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pemilihan destinasi wisata yang diangkat kali ini bukan sebuah kebetulan, namun sejalan dengan 10 destinasi yang sedang gencar dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata.

"Kegiatan semacam ini adalah tempat yang tepat untuk mulai memperkenalkan destinasi Indonesia lainnya ke wisatawan dari Perth," ujar Lily Davis, salah satu travel operator yang berada di booth Indonesia.

"Mereka mengambil brosur dan bertanya tentang berbagai tempat baru," lanjut Lily.

"kemudian mereka mencobanya dan selanjutnya mereka lah yang akan bercerita ke yang lainnya berdasarkan pengalaman mereka."

Pengunjung yang datang juga menyampaikan ketertarikannya untuk mengeksplorasi wilayah Indonesia lainnya karena sudah terlalu sering ke Bali.

"Saya ingin megetahui lebih banyak tentang Wakatobi yang memiliki wisata taman laut yang sangat indah," ujar Andrew, pengunjung yang memiliki hobi surfing dan snorkelling.

Dalam kedua kegiatan pameran di Perth tersebut, Kementerian Pariwisata selain berkesempatan melakukan presentasi mengenai wisata bahari kepada pengunjung, juga memberikan door prize kepada pengunjung yang hadir dalam presentasi tiket penerbangan Perth-Denpasar PP dari Garuda Indonesia dan Batik Air.

Tentu saja hal tersebut semakin menambah semarak promosi wisata Indonesia baik dalam Expo maupun Crab Festival tersebut.

"Kedua kegiatan yang kami hadiri sangat cocok untuk image branding Indonesia di Australia Barat dan diharapkan berkontiribusi dalam meningkatkan jumlah wisatawan ke Indonesia," tutup Bapak I Gede Pitana, Deputi Pemasaran Mancanegara dari Kementerian Pariwisata.

Lanjutkan Membaca ↓