Terkuak, Asal-Usul Bintik Putih di Permukaan Cokelat

Oleh Tanti Yulianingsih pada 19 Mar 2018, 17:35 WIB
[Bintang] Ilustrasi Makanan Cokelat

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda melihat bintik putih muncul pada cokelat? Fenomena aneh ini ternyata disebabkan oleh partikel lemak yang naik ke permukaan akibat suhu penyimpanan yang tak tepat.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (19/3/2018), solusi agar tak timbul bintik putih pada cokelat adalah dengan menyimpan penganan manis itu di tempat yang tak terlalu dingin atau hangat. Sebab, kondisi demikian memicu terbentuknya bintik putih yang disebut fat bloom.

Menurut informasi yang disampaikan dalam acara televisi Food Unwrapped, bintik putih pada cokelat yang menyebabkan para pelanggan menyampaikan keluhan setiap tahunnya. 

Presenter Jimmy Doherty mengajak para penonton ikut menguak bagaimana bintik putih muncul di permukaan cokelat, dipandu sejumlah ilmuwan.

Dengan menggunakan sinar X terbesar di dunia di sebuah pabrik di Hamburg, Jerman, para ilmuwan menemukan bahwa bintik putih itu naik ke permukaan melalui celah kecil pada cokelat. Kondisi itu yang terjadi saat sebuah cokelat batang tak disimpan pada suhu yang tepat.

Saat berkunjung ke pabrik Lindt di Swiss, kemudian diketahui bahwa lebih baik menyimpan cokelat dengan suhu antara 14 dan 18 derajat Celcius agar tak timbul bintik-bintik putih.

Sejatinya bintik putih itu tidak berbahaya dan cokelat masih bisa dimakan meski agak sedikit mengganggu pemandangan.

 

2 of 2

Penyebab Bintik Putih

Cerahkan Wajah dengan Masker Coklat dan Kopi, Wajib Coba!
Ilustrasi kopi dan coklat. (Boldsky.com)

Ilmuwan bernama Dr Stephen Roth menjelaskan pada Jimmy bagaimana bintik putih itu muncul pada cokelat.

"Lemak kristal meleleh dan bergerak melalui celah-celah kemudian menuju ke permukaan," jelas Dr Stephen Roth.

Bintik putih itu penyebab terbesar keluhan pelanggan dan merugikan industri cokelat setiap tahunnya.

Para pembuat cokelat kemudian berupaya mencegah agar bintik putih tidak terjadi.

Solusi terbaik saat ini adalah dengan penyimpanan pada suhu tepat sehingga lebih sulit bagi lemak untuk memisahkan diri dan menjadi bintik putih.

Akan tetapi, para ahli pembuat cokelat atau chocolatier di Lindt mengatakan, cara terbaik adalah memakan cokelat secepatnya, sebelum bintik putih sempat terbentuk.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait