Sukses

Nenek-Nenek Keren Asal China Ini Jadi Backpacker di Usia 73 Tahun

Nenek Qi yang juga seorang backpacker ini tak merasa sedih meski sering jauh dari kampung halamannya yang ada di China.

Liputan6.com, Beijing - Lazimnya, para backpacker adalah anak-anak muda yang memiliki rasa ingin tahu, sekaligus kenekatan, demi mengenal dunia. 

Namun, backpaker satu ini lain dari biasanya. Qi, demikian ia akrab dipanggil, adalah seorang nenek-nenek berusia 73 tahun.

Perempuan sepuh asal China tersebut kerap meninggalkan rumah dan kampung halamannya, hingga ke luar negeri. Kebiasaan nenek Qi yang selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, terlihat dari foto-foto yang ia unggah ke media sosial.

Unggahannya itu mendapat respos beragam, termasuk yang bernada negatif dari sejumlah netizen.

Nenek Qi dianggap tak patuh pada tradisi yang dianggap mengharuskan seorang perempuan sepuh tinggal di rumah menghabiskan sisa hidup mereka untuk merawat cucu.

Meski demikian, dalam sebuah rekaman video, nenek yang mantap menjadi seorang backpacker itu mengatakan bahwa tiap orang punya jalan masing-masing.

"Mengapa orang sepuh di China harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan merawat cucu mereka?," ujar nenek Qi, demikian dikutip dari laman BBC, Kamis (15/3/2018).

"Kita menjalani hidup kita sendiri," tambahnya.

Buku Harian Kenangan

Dalam rekaman video, nenek Qi juga menyebut bahwa dirinya telah berkeliling ke sejumlah negara di Eropa, Amerika Utara dan Asia.

Demi menghemat biaya pengeluaran, nenek Qi selalu punya cara. Salah satunya dengan berbagi tumpangan dengan backpacker lain.

Nenek Qi juga mengatakan, bertemu dengan anak-anak muda adalah salah satu hal terpenting dalam perjalanannya. "Saya berbicara dengan mereka dan mereka punya hal baru untuk dikatakan."

"Saya punya akun media sosial dan sudah menjalankannya sejak lima bulan lalu," ujar nenek Qi.

"Saya membagikan semuanya. Mulai dari kenangan dan inspirasi. Ini semua saya tulis agar anak dan cucu saya bisa membacanya," jelas nenek Qi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral

Sejak kemunculan video singkat seputar kehidupan Nenek Qi, yang menghabiskan hidup dengan berkelana, diunggah ke media sosial, kisahnya ini langsung viral di dunia maya.

Kini, video itu lah diputar sebanyak 11 juta kali oleh situs video Miaopai. Kolom komentar pada video pun dibanjiri oleh netizen.

"Ia adalah seorang wanita yang mandiri dan mempesona," ujar seorang netizen.

Meski bertentangan dengan kebiasaan nenek-nenek pada umumnya, banyak pula dari mereka yang memuji langkah nenek Qi. Sebab, ia bisa dan berani menikmati hidup dengan caranya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China