Terkuak, Rahasia Lubang Kecil yang Ada di Atas Telinga Manusia

Oleh Afra Augesti pada 13 Mar 2018, 15:00 WIB
Sinus Preauricular

Liputan6.com, Jakarta - Lubang kecil yang ada di beberapa bagian telinga, umumnya identik dengan tindik.

Namun, sebagian orang memiliki lubang kecil yang terletak di bagian atas telinga.

Kondisi seperti ini terbilang langka, karena tak semua manusia terlahir dengan lubang kecil di telinga atasnya. Fenomena ini disebut sinus preauricular, seperti adanya lesung pipi di wajah.

Frekuensi sinus preauricular berbeda-beda di tiap negara, tergantung pada populasinya: 0,1 - 0,9% di Amerika Serikat; 0,9% di Inggris;  dan 4 - 10% di Asia dan sebagian Afrika. Secara teknis sinus preauricular merupakan bawaan sejak lahir dan turun temurun. Total hanya 5% orang di dunia yang memiliki sinus preauricular.

Seperti dikutip dari The Sun, 13 Maret 2018, sinus preauricular pertama kali didokumentasikan pada tahun 1864 oleh ilmuwan bernama Van Heusinger.

Menurut ahli biologi evolusioner, Neil Shubin, lubang kecil di telinga itu bisa jadi berasal dari sisa evolusioner insang ikan. Meski demikian, tak ada yang perlu dikhawatirkan apabila Anda memiliki sinus preauricular.

Namun, jika lubang tersebut terinfeksi, pertolongan pertama cukup dilakukan dengan antibiotik saja.

Sinus preauricular umumnya terdapat di kedua daun telinga. Berdasarkan sebuah penelitian, sinus preauricular paling sering muncul di telinga sebelah kanan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

1 of 2

Guratan Telinga Anjing Berbentuk Wajah Donald Trump

Guratan telinga anjing asal Inggris seketika viral karena bentuknya yang menyerupai wajah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Twitter/@FacesPics)
Guratan telinga anjing asal Inggris seketika viral karena bentuknya yang menyerupai wajah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Twitter/@FacesPics)

Informasi unik soal telinga juga pernah muncul sebelumnya. Seorang pemilik anjing asal Inggris tertegun ketika melihat ada bentuk aneh yang tergambar di guratan telinga hewan peliharaannya.

Dilansir dari laman Mirror.co.uk, Senin 6 November 2017, pria pemilik anjing jenis beagle itu bernama Jade Robinson. Ia baru sadar, guratan yang ada di telinga anjingnya membentuk sketsa wajah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Sang pemilik anjing itu pun tak tinggal diam. Ia kemudian mengunggah foto guratan telinga anjingnya ke laman Facebook pribadi.

Gambar ini seketika viral dan jadi perbincangan banyak orang. Pria berusia 25 tahun itu bahkan baru mengetahui adanya pola tersebut.

Padahal, ia sudah memelihara anjingnya dalam kurun waktu yang cukup lama.

"Butuh 20 kali bagi saya untuk melihat apakah guratan ini benar-benar berbentuk wajah Trump," ujar Robinson.

"Saya langsung yakin setelah keesokan harinya saya menunjukkan hal tersebut kepada teman-teman saya," tambahnya.

Tak hanya di guratan telinga, wajah Trump beberapa waktu lalu juga mengisi perayaan Halloween. Wajah presiden tersebut tergambar di sebuah labu.

Lanjutkan Membaca ↓