Sukses

Hari Perempuan Sedunia, 5,3 Juta Wanita Unjuk Rasa di Jalanan Spanyol

Sebanyak 5,3 juta perempuan di Spanyol merayakan Hari Perempuan Internasional dengan menggelar unjuk rasa yang berfokus pada isu ketidaksetaraan gender dan diskriminasi seksual.

Liputan6.com, Madrid - Perempuan pekerja di Spanyol merayakan Hari Perempuan Sedunia dengan menggelar unjuk rasa yang berfokus pada isu ketidaksetaraan gender dan diskriminasi seksual.

Unjuk rasa pada 8 Maret 2018 itu juga menuntut terwujudnya masyarakat yang bebas dari penindasan, seksis, eksploitasi, dan kekerasan.

"Kami tidak menerima kondisi kerja yang lebih buruk, atau dibayar lebih sedikit dibanding laki-laki untuk pekerjaan yang sama," ujar koordinator aksi seperti dikutip dari BBC, Jumat (9/3/2018).

Menurut data Eurostat, di Spanyol perempuan dibayar 13 hingga 19 persen lebih sedikit dibanding laki-laki, baik di sektor pemerintahana maupun swasta.

Diperkirakan, sebanyak 5,3 juta perempuan bergabung dalam unjuk rasa Hari Perempuan Sedunia di seluruh Spanyol yang berlangsung selama 24 jam itu. Sementara itu ratusan ribu perempuan turun ke jalan dengan berteriak "jika kami berhenti, dunia akan berhenti".

Mereka yang bergabung dalam unjuk rasa, dilarang untuk berbelanja dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Meski transportasi publik di seluruh Spanyol masih tersedia, layanan penerbangan turut terdampak akibat aksi tersebut.

 

Saksikan video Google Doodle yang turut merayakan Hari Perempuan Sedunia:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mereka yang Berunjuk Rasa

Seorang eksekutif di bidang hubungan masyarakat, Ana Reyes, mengatakan bahwa dengan unjuk rasa tersebut, dirinya berharap bahwa perempuan dapat dilihat dan hal itu menurutnya akan membawa perubahan yang nyata.

Sementara itu seorang guru bernama Concha Noverges, mengaku bahwa dirinya belum melihat perubahan nyata meski rezim telah berganti.

"Aku hidup di bawah kediktatoran, aku hidup di bawah demokrasi, dan kami belum merasakan banyak kemajuan," ujar Noverges.

"Masih banyak yang harus dilakukan dan kami, di sektor pendidikan, memiliki peranan besar," imbuh dia.

Bergabung dalam unjuk rasa, sejumlah pemmbawa acara televisi dan penyiar radio turut absen. Aktris Penelope Cruz pun membatalkan kehadirannya dalam sebuah acara dan bergabung dalam aksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.