Sukses

Untuk Pertama Kalinya, Arab Saudi Gelar Maraton Perempuan

Arab Saudi kembali mencatatkan sejarah. Negara terluas di kawasan Teluk itu menggelar lomba lari maraton pertama kalinya khusus perempuan.

Liputan6.com, Riyadh - Kaum perempuan di Arab Saudi kini boleh berbangga, sebab belakangan semakin banyak aturan yang mengekang mereka sudah dilepaskan. Yang terbaru di bidang olahraga.

Arab Saudi juga kembali mencatatkan sejarah. Kali ini, negara terluas di kawasan Teluk itu menggelar lomba lari maraton pertama kalinya khusus perempuan. Acara itu digelar pada Sabtu, 3 Maret 2018.

Dilaporkan Anadolu Agency, lomba maraton Al-Ahsa Run itu menempuh jarak tiga kilometer di Provinsi Al-Ahsa.

Peminatnya cukup banyak, sampai 1.500 perempuan dalam berbagai kategori, seperti profesional, pemula, tua dan muda.

Direktorat Jenderal Olahraga Saudi, Rumah Sakit al-Moosa dan Pemerintah Kota Al Ahsa mensponsori maraton tersebut.

Perempuan Saudi, Mizna al-Nassar meraih medali pertama, mengalahkan saingannya dari negara lain.

Saudi kini semakin terbuka. Sejumlah kebijakan menyasar kaum hawa kini banyak dibuat. Kesempatan bagi perempuan untuk berkarier di ruang publik pun kini semakin luas.

Bahkan, beberapa lembaga di Arab Saudi sampai membuka lowongan khusus perempuan. Seperti Kantor Kejaksaan yang mencari tenaga penyidik perempuan, serta dinas militer yang membuka kesempatan bagi kaum hawa untuk bergabung menjadi tentara.

 

Reporter: Maulana Kautsar 

Sumber: Dream.co.id

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.