Menginspirasi, TKW Beli 3 Apartemen dari Hasil Kerjanya

Oleh Liputan6.com pada 07 Mar 2018, 16:40 WIB
Diperbarui 09 Mar 2018, 16:13 WIB
Gina Gelvero, TKW yang membeli 3 unit apartemen di Filipina dari hasil kerjanya. (Facebook/Gina Omboy Gelvero)

Liputan6.com, Manila - Usaha tak akan menghianati hasil, mungkin penggalan kalimat itu cocok dialamatkan kepada tenaga kerja wanita (TKW) asal Filipina ini. Berkat usaha gigihnya bekerja di negeri orang, ia mampu membeli 3 unit apartemen.

Sosok wanita asal Filipina, Gina Gelvero, bisa juga menjadi inspirasi. Kerja kerasnya menjadi seorang TKW berbuah manis.

Selama 13 tahun, Gina bekerja di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Rajin mengelola pendapatan, kini dia telah memiliki tiga unit apartemen atas nama pribadinya di Filipina.

Kesuksesan ini diraih Gina karena prinsip hidup yang dia pegang. Bagi Gina, selama bisa mengatur keuangan dengan tepat, apa yang ia inginkan mudah terpenuhi.

Karena itulah Gina memilih menghabiskan uang sedikit belanja dan lebih banyak menabung. Dengan prinsip tersebut, Gina berhasil meraih kesuksesan.

Dalam sebuah wawancara dengan Filipino Times, Gina mengaku datang ke Dubai sebagai sosok yang 'buta huruf secara finansial'. Maksudnya, dia sama sekali tidak tahu cara mengelola uang dengan tepat. 

Lambat laun, Gina akhirnya tersadar tentang pentingnya berinvestasi. Ketika uang yang dia kumpulkan dirasa sudah cukup, Gina pun mulai membeli sebuah apartemen di Filipina.

Sejauh ini, Gina mengaku telah memiliki tiga unit apartemen di tiga kota berbeda di Filipina, yaitu di Quezon City, Pasay City, dan Davao City. Hebatnya lagi, ketiga apartemen itu dia beli secara kredit dengan tenor 24 bulan tanpa bunga.

Pencapaian Gina ternyata bukan yang paling puncak. Dia masih punya rencana membeli apartemen di Mandaluyong City, dan berharap bisa menambah 6 unit lagi dalam 10 tahun ke depan.

Ingin Terus Berinvestasi

Saat ditanya alasan berinvestasi di bidang properti, Gina mengaku ingin punya penghasilan pasif saat sudah tidak bekerja nanti.

"Saya ingin punya penghasilan pasif sehingga jika sudah tidak bekerja lagi, saya masih punya pemasukan," kata Gina.

"Kita sebaiknya tidak terlalu tergantung pada gaji setiap bulan. Bagaimana jika kita tiba-tiba kehilangan pekerjaan?" katanya kepada Filipino Times.

Menurut Gina, bidang properti sangat bagus untuk investasi. Nilai investasi properti terus naik sekitar 10 persen sampai 15 persen setiap tahun.

Lantas berapa penghasilan pasif Gina dari ketiga unit apartemen di Filipina yang disewakannya?

Ternyata sangat fantastis. Setiap bulan dia mendapatkan 12.000 Peso (setara Rp 3,1 juta) dari apartemen di Davao City.

Sedangkan dari apartemen di Pasay City dan Quezon City, Gina mendapat penghasilan masing-masing 18.000 Peso (setara Rp 4,7 juta) dan 25.000 Peso (setara Rp 6,6 juta) setiap bulannya.

 

Reporter: Sugi

Sumber: Dream.co.id

 

 

Saksikan juga video berikut ini: