Bumbu Ayam Goreng KFC Dijual Bebas di Situs Jual Beli Online, Asli atau Palsu?

Oleh Afra Augesti pada 27 Feb 2018, 19:40 WIB
Diperbarui 27 Feb 2018, 19:40 WIB
Ilustrasi ayam goreng KFC
Perbesar
Ilustrasi (iStock)

Liputan6.com, London - Pengguna aktif internet dikejutkan dengan beredarnya bumbu ayam goreng KFC. Bahan-bahan andalan perusahaan yang didirikan Col. Harland Sanders ini beredar luas di situs jual beli online, eBay.

Seorang pengguna eBay mengklaim menjual bumbu-bumbu ayam goreng "hot and spicy", yang menjadi menu terlaris di KFC. Ia bahkan berani menjamin, bumbu yang dijualnya memiliki kemiripan rasa mencolok dengan yang dijual di gerai-gerai KFC seluruh dunia.

Meski demikian, banyak yang meragukan kredibilitas penjual dengan nama akun Fruishion itu. Logikanya, KFC pasti menjaga ketat segala bentuk kerahasiaan perusahaan, termasuk resep masakan.

Beredar resep rahasia ayam goreng hot and spicy milik restoran cepat saji KFC di eBay. (screenshot eBay)

Resep pembuatan dan bumbu ayam goreng KFC hanya diketahui oleh beberapa orang terpilih di Kentucky, Amerika Serikat, markas besar restoran cepat saji ini.

Fruishion menjual bumbu tersebut per 250 gram seharga 3,29 poundsterling atau Rp 62.800 atau pembeli bisa memilih paket bumbu lengkap senilai 49,99 poundsterling atau Rp 955 ribu. Meski banyak yang mempertanyakan keasliannya, bumbu-bumbu ini telah terjual sebanyak 49 kali di eBay.

Beredar resep rahasia ayam goreng hot and spicy milik restoran cepat saji KFC di eBay. (screenshot eBay)

"Tidak hanya bagus untuk paha, kaki dan sayap ayam, cobalah mencampurkannnya dengan dada ayam cincang atau irisan untuk nugget dan goujon, atau kentang dan jamur," tulis Fruishion, seperti dikutip dari Metro, Sabtu 24 Februari 2018

Saksikan video penyelundupan daging ayam gerai KFC di Inggris yang kini banyak tutup:

2 dari 3 halaman

Gerai Tutup di Inggris, KFC Minta Maaf

Kehabisan Stok Ayam, KFC Tutup Ratusan Gerai di Inggris
Perbesar
Pengumuman penutupan sementara terpampang di luar gerai makanan cepat saji KFC Surbiton, London, Inggris, Rabu (21/2). Pekan lalu, KFC mengalihkan kontrak pengiriman ayam ke DHL dari sebelumnya oleh Bidvest. (AP Photo/Matt Dunham)

KFC melayangkan permintaan maaf kepada para pelanggannya pada hari Jumat, setelah sejumlah gerainya tutup di Inggris.

Permintaan maaf tersebut disampaikan KFC melalui poster bergambar bucket kosong (ember kecil terbuat dari karton). Mereka mengganti huruf KFC dengan FCK.

Poster permintaan maaf KFC karena resep ayam goreng hot and spicy beredar di eBay. (dokumentasi KFC)

Permintaan maaf itu berbunyi: "Sebuah restoran ayam tanpa ayam. Ini tidak ideal. Kami meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada pelanggan, terutama mereka yang melakukan perjalanan jauh dan menemukan gerai kami tutup. Dan terima kasih tak terhingga kami utarakan untuk anggota tim KFC dan mitra waralaba kami, karena kalian telah bekerja tanpa lelah untuk memperbaiki situasi tersebut. Seminggu yang menyedihkan berlalu, tapi kami telah membuat kemajuan dan setiap hari semakin banyak ayam segar dikirim ke restoran. Terima kasih telah setia bersama kami."

3 dari 3 halaman

Alasan di Balik Krisis KFC yang Hebohkan Inggris

Kehabisan Stok Ayam, KFC Tutup Ratusan Gerai di Inggris
Perbesar
Pengumuman penutupan sementara terpampang di luar gerai makanan cepat saji KFC dekat Ashford, Inggris, Senin (19/2). Lebih dari 600 dari 900 gerai KFC yang ada di Inggris tutup sejak akhir pekan lalu karena kehabisan stok ayam. (Gareth Fuller/PA via AP)

Krisis pasokan daging ayam yang melanda jaringan restoran cepat saji KFC di Inggris menjadi pemberitaan di berbagai belahan dunia.

Sebanyak lebih dari 70 persen total outlet tutup untuk sementara waktu, menimbulkan kepanikan bercampur candaan meluas di kalangan warga Inggris.

Dilansir dari Wired.com pada Kamis, 22 Februari 2018, kelangkaan pasokan daging ayam bermula pada 16 Februari lalu. Sejak itu, KFC memutuskan menutup sementara beberapa outletnya di sebagian besar wilayah Britania Raya.

Kelangkaan itu terjadi beberapa waktu setelah KFC Inggris resmi memindahkan wewenang distribusi bahan bakunya ke DHL.

Alasan KFC Inggris memilih DHL adalah untuk efisiensi, karena perusahaan pengangkut logistik asal Belanda itu memiliki sistem gudang terpusat di kawasan segi panjang emas yang sangat strategis.

Kawasan segi panjang emas merupakan sebuah simpul fiktif yang dibentuk oleh empat buah kota di tengah pulau Inggris, yakni Milton Keynes, Rugby, Daventry, dan Northampton.

Pendistribusian terpusat dari simpul fiktif ini disebut mampu mengirimkan barang ke berbagai penjuru Inggris tidak lebih dari satu malam.

"Menggunakan satu lokasi pusat distribusi tentu membutuhkan suatu sistem integrasi yang kompleks. Jika suatu saat rusak, maka akan memicu kerugian besar, seperti pada krisis KFC contohnya," ujar Samir Dani, profesor ilmu manajemen logistik dan distribusi barang pada Sekolah Bisnis Universitas Huddersfield.

Menurut Dani, dalam sistem distribusi terpusat, seperti yang dilakukan oleh KFC Inggris, terdapat sejumlah elemen yang harus disinkronisasikan, seperti jumlah permintaan, otomatisasi fasilitas penyaluran di gudang, dan perancangan perangkat lunak khusus yang mendukungnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait