Sukses

Pertanian di Inggris Ini Beroperasi Tanpa Campur Tangan Manusia

Para peneliti di Inggris berhasil memanfaatkan teknologi drone untuk tingkatkan mutu pertanian. Ini buktinya.

Liputan6.com, London - Para peneliti di Inggris telah berhasil menumbuhkan tanaman barley, yakni sejenis gandum untuk pembuatan bir, tanpa sedikit pun menggunakan bantuan tangan manusia, melainkan oleh traktor dan drone.

Peneliti Martin Abell mengatakan, ada banyak teknik pertanian yang sudah otomatis, seperti menggunakan kemudi GPS, tapi tidak benar-benar melepaskan campur tangan manusia dalam kegiatan operasionalnya di lapangan.

Dilansir dari Australia Plus pada Senin (26/2/2018), teknologi pertanian otomatis tersebut dinamakan "Hands Free Hectare", di mana berhektare-hektare lahan akan disemai, disemprot, dipantau dan dipanen secara otonom oleh seperangkat mesin yang didukung oleh kecerdasan buatan.

"Kami bisa menunjukkan kepada publik bahwa teknologi pertanian otomatis ini bisa benar-benar terjadi sekarang," ujar Abell.

"Ini juga memungkinkan kami untuk meningkatkan persepsi pertanian kepada masyarakat, termasuk kemungkinan menarik lebih banyak orang baru ke industri (pertanian) ini."

Dalam uji coba terkait, para peneliti turut menggunakan teknologi drone untuk mengotomatisasi mesin pertanian kecil, seperti traktor dan tempat sampah.

Selain itu, teknologi drone juga bisa dimanfaatkan untuk memantau dan membawa contoh tanaman ke ahli pertanian untuk diperiksa.

"Mereka (drone) pada dasarnya adalah mata kami, jadi kami akan memantau dengan menggunakan kamera multi-spektra, dan mendapatkan citra dari lapangan yang menunjukkan kondisi tanaman pertanian yang berbeda antarwilayah," kata Abell.

Agar traktor bekerja dalam pembibitan dan proses panen, para peneliti menggunakan fitur autopilot dari drone, yang menurut Abell merupakan hal tak biasa dalam penelitian terkait.

Hal ini bukan tidak membawa masalah, karena algoritma navigasi dalam drone sangat berbeda dari yang biasa digunakan untuk mengarahkan kemudi pada traktor pertanian.

"Kami hanya punya waktu setahun untuk mengerjakan proyek ini, jadi kami harus memilih sesuatu yang tidak memerlukan banyak pengembangan," katanya.

 

Simak video menarik tentang petani kopi di Bengkulu berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibutuhkan Uji Coba Lebih Lanjut

Setelah satu tahun menanam, memantau, dan memanen tanaman barley, para peneliti bisa menunjukkan bahwa masa depan pertanian bisa benar-benar otomatis.

Menurut Abell, masih banyak pekerjaan dan pengujian yang harus dilakukan dalam skala besar, walau sejatinya anggaran yang dikucurkan cukup kecil.

"Kira-kira kami memiliki 350.000 dolar Australia (sekitar Rp 3,5 miliar), di mana anggaran tersebut juga dipakai untuk membayar jasa tiga orang teknisi, dan membeli perlengkapan pendukung yang tidak murah," ujar Abell.

Meski begitu, penelitian tersebut terus dilakukan dengan berbagai penyesuaian. Para peneliti berkeyakinan bahwa jika uji coba teknologi terkait berhasil, maka di kemudian hari akan menguntungkan sektor pertanian, baik secara teknologi maupun efisiensi biaya.

"Tujuan terbesarnya adalah agar petani bisa memperoleh untung sebesar-besarnya, tapi dengan tugas kerja yang lebih efisien," jelas Abell.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.