Sukses

Menang Lotere Rp 1,5 Miliar, Kakek Ini Malah Hidup Merana

Setelah beberapa pekan menikmati hasil uang lotere sekiar Rp 1,5 miliar, kakek ini malah hidup merana. Berikut kisah selengkapnya.

Liputan6.com, Edinburgh - Aneh tapi nyata, pemenang lotere sebesar 80 ribu pound sterling atau sekitar Rp 1,5 miliar ini justru jatuh miskin tak lama menikmati hasil keberuntungannya itu.

Adalah Daniel Millar, dari Motherwell, Skotlandia, yang memenangkan hadiah uang dari undian lotere tersebut. 

Seperti dikutip dari laporan The Sun, Senin (26/2/2018), ia kemudian menghabiskan seluruh hasil kemenangannya dalam beberapa pekan. Bermula dari liburan di sebuah kapal pesiar, berlanjut ke Benidorm, sebuah kota di Spanyol.

Pria 63 tahun yang memiliki masalah kesehatan jangka panjang itu mengaku kepada Daily Record bahwa dia juga memberi sebagian uang kepada keluarganya. Lalu sisanya untuk membeli pakaian baru dan memperbaiki rumah.

Departemen Tenaga Kerja dan Pensiun (DWP) tak tahu-menahu tentang uang hadiah lotere tersebut.

Millar memenangkan lotere pada bulan September. Dia menghabiskan 80 ribu pound sterling itu pada November -- sebulan sebelum DWP akhirnya menghentikan sebagian besar fasilitas dan tunjangan yang sebelumnya ia dapatkan.

Kakek Millar dianggap tidak lagi memenuhi syarat untuk mendapatkan tunjangan, manfaat perumahan, dan pengurangan pajak.

"Ini mimpi buruk. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan dan saya tidak tahu harus bagaimana lagi," katanya.

"Pada bulan Desember, saya mendapat surat dari DWP yang mengatakan bahwa saya harus datang. Mereka kemudian mengatakan saya dilaporkan oleh kantor pajak karena memiliki uang sebesar 80.000 pound sterling di bank."

"Itu benar di bulan September, tapi tidak ketika saya pergi menemui DWP. Saya bahkan defisit 7 pound sterling."

 

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Dicabut

Setelah sebagaian besar fasilitas dari DWP dicabut, Millar, yang sebelumnya bekerja di bidang keamanan, harus menanggung pembayaran uang jaminan pribadi sebesar 350 pound sterling per bulan dan uang pensiun sebesar 1,08 pound sterling per minggu."

Dia juga harus membayar uang sewa penuh, sementara istrinya dan perawat Bridget yang membantunya mendapat hanya 62 pound sterling setiap minggu.

"Ada orang yang memenangkan jutaan pound dan kami hanya sedikit beruntung, dan tiba-tiba kami dihukum karena beruntung. Padahal kami membantu tetangga dan teman dengan memberikan uang tunai."

"Kami membagikan uang hadiah itu kepada keluarga dan tak ada yang tersisa. Kami membayar tiga liburan keluarga -- kapal pesiar dan dua perjalanan besar ke Benidorm."

"Kami mendekorasi dapur dan ruangan, memperbaiki kamar mandi dan ruang tamu. Tidak ada lagi uang yang tersisa."

"DWP mengatakan bahwa kami tidak berhak mendapatkan uang itu. Mereka mengatakan kami tak lagi memenuhi syarat untuk mendapatkan keuntungan dari DWP."

Bukannya bahagia, kini Kakek Millar justru hidup merana pasca-memenangkan lotere.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.