Sukses

Saking Tajirnya, Bill Gates Tak Tahu Harga Barang Sembako

Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia, tidak tahu harga deterjen cucian dan sejumlah barang-barang pokok lainnya.

Liputan6.com, Los Angeles - Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia, tidak tahu harga deterjen cucian dan sejumlah barang-barang pokok lainnya.

Fakta unik tentang pendiri Microsoft itu terungkap ke publik saat ia mampir menjadi bintang tamu dalam program talk show ternama Amerika Serikat, Ellen DeGeneres Show pada Rabu, 21 Februari 2018. Demikian seperti dikutip dari The Richest (23/2/2018).

Ellen, selaku host, mengawali segmen lawatan Gates ke program itu dengan mengulas kiprahnya terkait Microsoft dan di sektor tekonologi-informasi lain -- yang membuatnya meraup kekayaan pribadi sekitar US$ 90 miliar.

Di tengah pembicaraan, Ellen juga megulas tentang barang-barang mahal yang dibeli oleh Gates hingga seberapa banyak uang yang ia gelontorkan untuk bantuan kemanusiaan di seluruh dunia -- rata-rata sekitar US$ 40 miliar.

Bagian paling menyenangkan segmen itu pun dimulai saat sesi permainan tebak harga barang-barang sembako khas Amerika Serikat antara Ellen dan Gates.

Pertama, Ellen meminta Gates menebak harga sekota makanan pasta instan merk Rice A Roni. Gates menebaknya dengan harga US$ 5.

Tebakan sang pendiri Microsoft itu salah, karena semestinya, kata Ellen, Rice A Roni hanya seharga US$ 1.

Setelah itu, Ellen meminta Gates menebak harga sebuah deterjen bermerk Tide Pods. Dan menurut Gates, harganya adalah US$ 4.

"Sangat jauh," kata Ellen yang kemudian menyebut bahwa satu buah Tide Pods seharga US$ 20.

Sekotak benang gigi muncul berikutnya. Gates menebak harga US$ 4 untuk benang itu.

Tebakannya cukup dekat, tapi keliru. Ellen menyebut, benang gigi itu seharga US$ 3,7.

Produk yang tersisa, yang termasuk roti gulung beku dan saus bayam, semuanya di bawah US$ 10.00. Bill Gates pun tetap tak bisa menebak langsung dan memerlukan sedikit bantuan dari penonton untuk mendapatkan kedua hak itu.

Dia mengungkapkan bahwa dia belum pernah ke toko kelontong dalam waktu yang sangat lama, dan penonton tidak menyalahkannya!

Saat Anda sibuk membangun kerajaan teknologi multi-miliar dolar, seperti Bill Gates, siapa yang punya waktu untuk berbelanja atau bahkan mencuci pakaian mereka sendiri?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Berpenghasilan Rp 26 Ribu/Hari, Bill Gates Akan Lakukan Ini

Apakah yang akan dilakukan oleh Bill Gates jika ia hanya berpenghasilan US$ 2 per hari seperti yang diraih hampir 1 miliar orang dalam kemiskinan ekstrem sedunia?

Melalui blog, manusia terkaya sedunia itu menjelaskan bahwa ia akan memelihara ayam.

Gates menulis, "Kedengarannya lucu, tapi saya bersungguh-sungguh ketika mengatakan bahwa saya senang sekali dengan ayam-ayam."

Seperti dikutip dari The Independent pada Kamis (16/11/2017), ia menuliskan dalam blog, "Tentu saja tidak ada jawaban benar yang tunggal, dan wajah kemiskinan berbeda-beda di tempat-tempat yang berbeda pula."

"Tapi melalui kegiatan saya bersama dengan yayasan, saya telah bertemu dengan banyak orang di negara-negara miskin yang beternak ayam dan saya telah belajar banyak tentang seluk-beluk kepemilikan unggas tersebut."

"Cukup jelas bagi saya bahwa siapa pun yang hidup dalam kemiskinan esktrem akan lebih baik kalau mereka memelihara ayam-ayam."

Gates akan melakukannya karena empat alasan utama, yaitu bahwa ayam berharga murah dan gampang dipelihara, menjadi investasi yang bagus, menyantap ayam (dan telur) baik bagi kita, dan unggas-unggas itu bisa menciptakan pemasukan yang memberdayakan kaum wanita agar aktif wiraswasta dalam lingkungan mereka.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.