Sukses

Penyiar Radio Ini Siarkan Langsung Kelahiran Bayinya

Stasiun radio tempat wanita ini bekerja, The Arch, bekerja sama dengan rumah sakit agar proses persalinan tersebut dapat disiarkan.

Liputan6.com, St Louis - Seorang pembawa berita radio pagi bernama Cassiday Proctor, melahirkan saat sedang siaran langsung di studio radio The Arch di St Louis, Amerika Serikat. Ia bersalin secara caesar pada Selasa 21 Februari 2018 lalu. 

Cassiday Proctor mengaku mulai merasakan tanda akan melahirkan berupa kontraksi sehari sebelumnya atau pada Senin 20 Februari.

Stasiun radio tempatnya bekerja, The Arch, bekerja sama dengan rumah sakit agar proses persalinan tersebut dapat disiarkan. Proctor mengatakan kepada BBC, seperti dikutip pada Jumat (23/2/2018), persalinan itu di luar perkiraan sejumlah pihak. Bayinya lahir dua pekan lebih cepat.

"Ini pengalaman luar biasa, bisa berbagi momen paling mendebarkan dalam hidup dengan para pendengar radio," kata Proctor tentang siaran itu.

Proctor menyebut bersalin dalam program siaran langsung itu adalah "pengembangan dari yang dia kerjakan setiap hari, di mana dia membagi seluruh kisah hidupnya kepada pendengar".

Putra Proctor yang terlahir dengan berat 3,3 kilogram itu diberinama Jameson. Nama tersebut dipilih pendengar radio melalui sebuah kompetisi pada Januari lalu.

"Dua belas nama aneh dan dua belas nama biasa yang dipilih oleh Proctor dan pasangannya diperlombakan. Kami membuka voting sampai akhirnya mendapatkan nama Jameson sebagai pemenang," kata Scott Roddy selaku Direktur Program radio The Arch, kepada harian The Riverfront Times.

Rekan penyiar Proctor, Spencer Graves mengatakan kepada BBC bahwa siaran langsung persalinan itu "ajaib dan sangat intim".

Setelah melahirkan, kini Proctor tengah menjalani cuti hamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melahirkan di Jalan

Jika Proctor telah mempersiapkan persalinan untuk disiarkan, wanita hamil yang satu ini sepertinya justru kebalikannya. Sebab secara mengejutkan melahirkan di sebuah jalan di Nanchang, China.

Diduga ia tak sempat menuju rumah sakit. Saat itu bertepatan dengan National Day atau Hari Nasional China.

Para pengguna jalan yang membantu si wanita melahirkan lantas menyarankan agar si bayi diberi nama National Day.

"National Day, National Day, kamu bisa memberinya nama National Day...," ucap beberapa pengguna jalan dalam video yang beredar di akun Twitter China Xinhua News @XHNews pada 5 Oktober 2017.

Dalam rekaman tersebut, terlihat sejumlah orang mengerumuni wanita hamil yang terbaring di pinggir jalan. Lalu seorang pria diduga suaminya, sudah memegangi bayi mungil.

Tak lama kemudian, dua orang petugas medis yang membawa tempat tidur pasien datang. Mereka kemudian mengangkat sang bayi ke atasnya, menyelimutinya dengan kain berwarna hijau.

Lalu sang ibu diangkat menuju tempat tidur tersebut dan dibawa ke rumah sakit.

"Selamat Anda menjadi Ayah saat National Day China," teriak seorang pria dalam video tersebut.

Berikut ini rekaman selengkapnya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.