Sukses

Google Earth Temukan Penampakan 'Markas Alien'?

Sebagian orang menganggap citra Google Earth menguak penampakan 'markas alien' mirip Area 51, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Layanan peta digital tiga dimensi Google Earth disebut-sebut menguak sebuah temuan mengejutkan, yakni tentang dugaan penampakan 'markas alien ' di dasar lautan.

Dilansir dari laman DailyStar.co.uk pada Kamis (22/2/2018), visualisasi yang ditangkap oleh Google Earth memperlihatkan sebuah citra mirip pesawat tanpa nomor registrasi, cap ataupun pencantuman nama maskapai, berada di atas laut.

Pesawat asing itu disebut terbang di perairan Samudera Pasifik, di wilayah antara pesisir pantai barat Amerika Serikat (AS) dan Kepulauan Catalina.

Di depan pesawat terlihat citra yang lebih gelap, mungkin adalah bayangan, yang mengindikasikan letak kapal terbang yang dekat dengan air.

Bukti-bukti penampakan benda terbang asing tersebut diunggah ke situs berbagi video, UFOmania, pada Selasa, 20 Februari 2018, dan kini telah ditonton lebih dari 20.000 kali.

"Penampakan UFO kerap terjadi di lokasi tersebut," demikian yang dikatakan narator dalam video itu. "Juga ada kasus penculikan di wilayah sekitarnya."

Para penganut teori konspirasi meyakini, penampakan pesawat asing itu berkaitan dengan pangkalan militer rahasia AS, yang serupa fungsinya seperti Area 51, yakni untuk mempelajari kehidupan makhluk asing, atau alien. 

"Bisa jadi itu adalah pesawat CIA atau badan pemerintah lain," demikian komentar salah satu yang menyaksikan video itu. "Ada begitu banyak agen rahasia pemerintah sekarang, kita tak mungkin mengawasi mereka." 

Yang lain bahkan mengklaim menjadi saksi pesawat mencurigakan serupa di Google Earth, sebelum akhirnya disensor. "Beberapa penampakan pesawat itu dikaburkan untuk merahasiakan keberadaannya."

Meski demikian, tak semua yakin dengan narasi tersebut. "Itu bisa menjadi pesawat patroli anti-kebocoran minyak yang memindai permukaan laut dengan peralatan khusus," kata salah satu komentator.

"Gambar Google Earth itu memberikan petunjuk kemungkinan kebocoran minyak dari platform pengeboran terdekat." Jika benar, itu dipastikan bukan markas alien.

 

Saksikan juga video tentang detik-detik penampakan UFO di Jepang berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alien Singgah di Pegunungan Himalaya

Sementara itu, penampakan benda terbang misterius juga ditemukan di Pegunungan Himalaya beberapa waktu lalu.

Penampakan tersebut terdeteksi dalam sebuah cuplikan video dan foto dengan pembesaran dua miliar piksel, tulis surat kabar The Sun.

Kedua bukti tersebut menjelaskan sebuah objek hitam berbentuk lonjong sempat melayang di atas puncak-puncak Himalaya, sebelum akhirnya mendadak hilang tanpa jejak.

Beberapa orang menduga penampakan UFO tersebut adalah sebuah drone, karena berat dan bentuk siluetnya cukup masuk untuk menjelaskan hal itu. Namun, dugaan itu diragukan karena tidak adanya kemungkinan yang cukup jelas untuk menjelaskan mengapa benda asing itu tiba-tiba menghilang.

Cuplikan video tersebut diambil dari pengambilan gambar oleh David Breashears, seorang penggiat film dokumenter, untuk kebutuhan proyek pembuatan film tentang kehidupan di kawasan ekstrem Himalaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.