Latihan Militer di Thailand, Tentara AS Wajib Minum Darah Ular Kobra

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 21 Feb 2018, 03:11 WIB
Diperbarui 21 Feb 2018, 03:11 WIB
Minum Darah Kobra, Cara Militer Thailand dan AS Belajar Bertahan Hidup di Hutan
Perbesar
Marinir Thailand menunjukkan ular kobra yang digunakan saat latihan gabungan Cobra Gold antara militer AS dan Thailand di Chonburi, Thailand (19/2). Dalam latihan ini mereka berlatih bertahan hidup saat berada di hutan. (AFP Photo/Lilian Suwanrumpha)

Liputan6.com, Chonburi - Apa jadinya jika Anda tersesat dalam hutan selama berhari-hari dan kehabisan pasokan makanan? Tentu hal ini akan membuat Anda kesulitan dan bisa-bisa kondisi itu mengancam keselamatan jiwa.

Namun, hal semacam ini dapat diatasi oleh sejumlah tentara. Mereka dapat bertahan hidup hanya dengan seekor ular kobra.

Dikutip dari laman News.com.au, Rabu (21/2/2018), latihan militer bertajuk Cobra Gold membuktikan hal itu.

Cobra Gold adalah sebuah latihan militer tahunan terbesar di Asia yang melibatkan ribuan tentara dari berbagai negara, salah satunya Amerika Serikat.

Para tentara yang tergabung dalam kegiatan ini diminta untuk bertahan hidup dengan cara meminum darah segar dari ular kobra. Latihan ini dirancang untuk meningkatkan kerja sama keamanan.

Tak hanya itu, para anggota militer juga diminta untuk jadi sosok yang siap dalam upaya menjaga perdamaian dan menjaga kesiapan untuk bantuan kemanusiaan dan misi tanggap bencana.

Marinir Thailand menunjukkan ular kobra yang digunakan saat latihan gabungan Cobra Gold di Chonburi, Thailand (19/2). Mereka diajarkan memakan hewan reptil seperti ular dan kadal hingga serangga untuk bertahan hidup di hutan.(AFP Photo/Lilian Suwanrumpha)

Dalam latihan itu, pasukan diminta untuk bergantian meminum darah dari seekor ular kobra yang sebelumnya telah dipenggal kepalanya.

Aktivitas Cobra Gold sendiri berlangsung di sebuah pangkalan angkatan laut Thailand yang terletak di Provinsi Chonburi.

Pelatih militer yang dikomandoi tentara Thailand mengajar sejumlah kelompok, termasuk mereka yang berasal dari Korea Selatan.

Selain meminum darah ular kobra, para tentara juga diajarkan cara menghilangkan racun dari kalajengking dan tarantula sebelum memakannya.

"Kunci untuk bertahan hidup adalah mengetahui apa yang harus dimakan," ujar Sersan Thailand Mayor Chaiwat Ladsin.

2 dari 2 halaman

Asing Bagi Anggota Militer AS

Minum Darah Kobra, Cara Militer Thailand dan AS Belajar Bertahan Hidup di Hutan
Perbesar
Marinir AS menonton marinir Korea Selatan mengeluarkan air dari pohon anggur selama latihan militer gabungan Cobra Gold antara militer AS dan Thailand di Chonburi, Thailand (19/2). (AFP Photo/Lilian Suwanrumpha)

Tak semua anggota militer dari berbagai negara yang melakukan praktik seperti ini. Salah satunya adalah anggota militer di Amerika Serikat.

"Ini adalah percobaan pertama saya minum darah ular kobra. Ini bukan sesuatu yang sering kami lakukan di Amerika Serikat," ujar Sersan Christopher Fiffie, setelah pelatihan.

Latihan Cobra Gold tahun ini diikuti oleh sekitar 6.800 personel AS -- hampir dua kali lipat dari partisipasi tahun sebelumnya.

Salah satu alasan keikutsertaan Amerika Serikat dalam pelatihan ini adalah untuk persiapan mereka apabila peperangan terjadi di Semenajung Korea.

Selain itu, juga mengarah pada retorika agresif antara Washington dan Pyongyang.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait