Kim Jong-un: Korea Selatan Mengagumkan...

Oleh Citra Dewi pada pada 13 Feb 2018, 12:03 WIB
Jelang Olimpiade PyeongChang 2018, Korea Utara Gelar Parade Militer

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, memuji Korea Selatan atas jamuannya terhadap delegasi Korut selama Olimpiade Musim Dingin yang ia sebut "mengagumkan".

Media Korea Utara, KCNA, mengatakan bahwa Kim berterima kasih kepada Korea Selatan karena telah memprioritaskan Korut dalam Olimpiade Musim Dingin.

Dikutip dari BBC, Selasa (13/2/2018), komentarnya tersebut disampaikan setelah delegasi Korea Utara yang dipimpin oleh adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, pulang untuk melaporkan kunjungan mereka.

"Setelah menerima laporan delegasi, Kim Jong-un mengekspresikan kepuasannya," demikian laporan KCNA.

"Korea Selatan sangat mengesankan, yang secara khusus memprioritaskan kunjungan Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK)... dan mengucapkan terima kasih untuk mereka," imbuh KCNA melaporkan ucapan terima kasih Kim Jong-un.

Kim Yo-jong dan Kim Yong-nam, merupakan delegasi Korea Utara paling senior yang mengunjungi Korea Selatan sejak Perang Korea pecah tahun 1950-an.

 

1 of 3

Kim Jong-un Undang Presiden Korea Selatan

Kim Yo-jong, adik perempuan dari Kim Jong-un menyampaikan surat dari kakaknya kepada Presiden Moon Jae-in (AFP)
Kim Yo-jong, adik perempuan dari Kim Jong-un menyampaikan surat dari kakaknya kepada Presiden Moon Jae-in (AFP)

Lewat adik perempuannya, Kim Jong-un mengundang Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk mengunjungi Korea Utara dalam waktu dekat.

Hal ini tertera dalam surat yang dibawa oleh Kim Yo-jong saat melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in pada 10 Februari 2018.

Dikutip dari laman New York Times, Sabtu 10 Februari 2018, surat dalam map biru bersegel rapi yang sebelumnya ditenteng oleh Nona Kim ini berisi ajakan untuk menciptakan hubungan yang lebih baik.

Menurut Juru Bicara Presiden Moon Jae-in, dalam surat itu pula tertulis ajakan untuk menciptakan lingkungan yang baik bagi kedua belah pihak.

"Kim Yo-jong menyampaikan surat Kim Jong-un kepada Moon Jae-in. Pihaknya menyampaikan bahwa Korut terbuka untuk bertemu dengan Moon dalam waktu dekat," ujar Jubir Kim Eui-kyeom, demikian dikutip dari laman Korea Herald.

2 of 3

Bendera Unifikasi Korut dan Korsel di Olimpiade Pyeongchang

Korea Selatan dan Korea Utara tampil bersama di bawah bendera unifikasi di Olimpiade Musim Dingin 2018 (Instagram/@pyeongchang2018)
Korea Selatan dan Korea Utara tampil bersama di bawah bendera unifikasi di Olimpiade Musim Dingin 2018 (Instagram/@pyeongchang2018)

Sebelumnya, atlet dari Korea Selatan dan Korea Utara berbaris di belakang bendera unifikasi biru dan putih pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang pada Jumat, 9 Februari 2018 malam di Pyeongchang Olympic Stadium.

Won Yun-jong, seorang bobsledder dari Korsel dan Hwang Chung-gum dari Korut yang bermain bersama untuk tim hoki wanita, memimpin kontingen saat upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin berlangsung.

Dikutip dari laman Straits Times, semua orang di stadion berdiri saat atlet Korea Utara dan Korea Selatan berbaris di bawah bendera unifikasi.

Para penari yang ada di tengah-tengah area pembukaan olimpiade juga bersorak-sorai menyambut bendera yang berbentuk peta kedua negara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Drajad Hari SusenoDrajad Hari Suseno

Menyenangkan kalo kedua Negara bisa bersatu...meskipun akan ada Negara yang kehilangan pengaruh, kehilangan pasar senjata, kehilangan pendapatan, kehilangan boneka, kehilangan teman latihan perang...who cares, yang penting Korea bersatu untuk kebaikan dan kemakmuran rakyat mereka...bersatulah Korea!

Suryo wardonoSuryo wardono

Jika Korea Utara sudah bangkrut, Korea akan kembali bersatu

Dodi CrossandaDodi Crossanda

Suatu hari kedua saudara kandun ini akan bersatu

Lihat Lainnya