Awan Tabung Menggulung di Langit AS, Fenomena Apa?

Oleh Tanti Yulianingsih pada 09 Feb 2018, 17:00 WIB
Diperbarui 09 Feb 2018, 17:00 WIB
Awan aneh yang menggulung di langit Richmond, Virginia. (Twitter/@amandacreger)
Perbesar
Awan aneh yang menggulung di langit Richmond, Virginia. (Twitter/@amandacreger)

Liputan6.com, Virgina - Sebuah awan aneh raksasa membuat masyarakat di Richmond, Virginia, AS geger. Mereka kebingungan melihat gumpalan awan melintasi cakrawala yang berwarna merah muda dan oranye.

Fenomena awan aneh yang oleh beberapa warga disebut sangat mirip dengan awan badai yang diciptakan oleh shadow monster dalam serial Netflix, membuat pekerja di jam sibuk pagi hari kebingungan.

Seperti diberitakan Mirror.co.uk, Jumat (9/2/2018), awan itu terlihat melintasi langit dengan membentuk bentuk seperti tabung besar.

"Hal aneh sedang terjadi di #RVA hari ini," tulis seorang wanita di Twitter. Ia tengah dalam perjalanan untuk bekerja saat menyaksikan pemandangan menakjubkan tersebut.

"Atau harus saya katakan, #StrangerThings."

Fenomena meteorologi itu sebenarnya dikenal sebagai awan gulung, awan lengkung arcus yang rendah, berbentuk horisontal. Diperkirakan relatif jarang terjadi.

Awan Arcus terbentuk di sepanjang tepi 'embusan angin' arus keluar guntur.

Roll clouds itu adalah kolom horizontal yang terpisah dari awan badai yang terlihat menggulung. Mereka membentuk udara hangat dari dekat tanah yang terdorong oleh udara dingin yang keluar dari awan badai di udara yang bergerak ke bawah.

Saksikan videonya berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Awan Payudara

Pengguna media sosial mengunggah foto awan berbentuk aneh, gambar ini diambil di Mount Evelyn.
Perbesar
Pengguna media sosial mengunggah foto awan berbentuk aneh, gambar ini diambil di Mount Evelyn. Supplied: Gcarrick

Penduduk Melbourne, Victoria, melihat fenomena aneh usai badai menerjang wilayah tersebut pada 19 Desember 2017, yakni terbentuknya awan mammatus atau awan payudara.

Dikutip dari ABC Australia Plus, Kamis 20 Desember 2017, fenomena tersebut berawal saat badai petir menyapu negara bagian Victoria. Banjir bandang dan pemadaman listrik yang berdampak kepada puluhan ribu orang pun terjadi.

Badai memasuki kawasan pusat bisnis (CBD) di Melbourne sekitar waktu makan malam. Hal itu bersamaan ketika orang-orang mulai bersiap menikmati malam di depan televisi, atau ponsel dan tablet mereka.

Beranjak dari layar perangkat mereka, penduduk Melbourne mengalihkan pandangan mereka ke fenomena aneh nan menyilaukan di langit.

Setelah badai Melbourne berlalu, mereka melihat awan berbentuk aneh dan mengunggahnya ke media sosial untuk berbagi apa yang telah mereka lihat. 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait