Sukses

Usir Rasa Cemas dengan Trik 5-4-3-2-1, Apa Itu?

Psikolog baru-baru ini menemukan metode unik untuk mengatasi rasa cemas, yaitu trik 5-4-3-2-1. Berikut penjelasannya....

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan sedang mengembangkan alat baru untuk mengusir rasa cemas berlebih. Menurut mereka, manusia tak pernah tidak dilanda kegelisahan, meski intensitasnya kecil.

Sejumlah psikolog mengatakan, mindfulness tool atau "perangkat penyadar" yang kerap mereka gunakan berfungsi untuk membebaskan otak manusia dari rasa cemas.

Alat ini mengarahkan seseorang untuk menyadarkannya agar tak terlalu memikirkan apa yang akan terjadi esok, atau dihantui oleh peristiwa-peristiwa masa lalu. Demikian seperti dikutip dari Independent pada Kamis (8/2/2018)

Perangkat yang disebut "5-4-3-2-1" sebenarnya adalah metode sederhana untuk mendapatkan kembali kendali pikiran, saat cemas mengambil alih otak.

Metode hitung mundur "5-4-3-2-1" membantu membawa pikiran seseorang kembali ke masa kini dengan mengandalkan lima indra: penglihatan, pendengaran, pengecap, penciuman, dan peraba.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kerja 5-4-3-2-1

Langkah pertama mendorong Anda -- yang dilanda rasa gundah -- untuk mengamati lingkungan sekitar dan mengidentifikasi 5 hal yang dapat Anda lihat saat ini.

Selanjutnya, kenali 4 hal yang dapat Anda dengar, 3 hal yang dapat Anda rasakan, 2 hal yang dapat Anda cium baunya, dan 1 hal yang bisa Anda cicipi.

Psikolog menilai, langkah-langkah metode hitung mundur bisa dilakukan dengan cepat dan banyak yang mendukung keefektifannya.

"Cara ini memusatkan perhatian kita terhadap indra kita saat ini dan menghitung mundur sesuatu yang mengganggu pikiran kita," ungkap Ellen Hendriksen, seorang psikolog klinis di Center for Anxiety and Related Disorders dari Boston University.

Mayo Clinic Health System juga menyarankan untuk mencoba latihan ini agar rasa cemas bisa diminimalisasi. Pasalnya, metode tersebut bisa mengalihkan fokus Anda ke lingkungan sekitar pada waktu sekarang dan menjauhkan Anda dari rasa gundah gulana.

Trik "5-4-3-2-1" juga bisa membantu Anda mengembalikan pola pikir yang tidak sehat dan membantu mengatasi depresi, kecanduan, tekanan darah rendah, dan mengurangi stres, menurut Helpguide.org dari Harvard University.

Jadi, pada saat Anda merasa cemas, fokuskan pada sesuatu yang dapat Anda lihat, rasakan, dengar, cium, dan sentuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.