Sukses

Video Mengerikan Tabrakan Beruntun Saat Salju Lebat di Iowa

Tabrakan beruntun di Iowa terjadi saat salju tebal menyelimuti kota itu. Satu orang dilaporkan tewas dan 10 orang luka-luka.

Liputan6.com, Des Moines - Tabrakan beruntun terjadi di Iowa, Amerika Serikat, pada Selasa, 6 Februari 2018. Otoritas lokal mengatakan, kecelakaan terjadi di tengah salju lebat yang melanda negara bagian itu.

Melalui rekaman video yang dirilis Departemen Perhubungan Iowa, sebanyak 50-70 mobil, bus dan truk kontainer saling berbenturan di Interstate 35, sebuah jalan raya di dekat Ames, Iowa, Amerika Serikat.

Satu orang dilaporkan tewas dan lima lainnya luka-luka.

Korban meninggal diidentifikasi bernama Dana Easter (53) dari Independence, Missouri, Amerika Serikat, kata pihak berwenang seperti dikutip dari USA Today, Jumat (8/2/2018).

Easter mengendarai sebuah minibus saat melintasi jalanan yang tertutup salju itu. Lima kendaraan roda empat menubruk mobilnya dari sisi belakang, kanan dan kiri, sehingga menyebabkan luka serius.

Sekitar 10 orang yang cedera dilarikan ke rumah sakit terdekat. Meski demikian, petugas polisi tidak dapat memberikan keterangan mengenai jumlah pasti korban terluka.

Kapten Sheriff Story County (Iowa), Barry Thomas, mengatakan bahwa dia tidak dapat melihat ujung dari tabrakan beruntun tersebut, karena salju lebat menyelimuti jalanan.

Kecelakaan fatal ini memaksa Interstate 35 untuk menutup kedua sisi jalannya.

Kecelakaan itu merupakan salah satu dari 185 kasus serupa yang diperhatikan oleh petugas Iowa State Patrol sejak pukul 06.00-21.00 waktu setempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

56 Mobil Tabrakan Beruntun di China, 17 Orang Tewas

Kejadian serupa juga pernah terjadi di jalanan timur laut China pada tahun lalu.

Menurut laporan yang dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa, 22 November 2016, insiden tersebut terjadi pada Senin, 21 November 2016, pukul 09.00 waktu setempat. Ketika itu, salah satu mobil tergelincir dan mulai menabrak kendaraan lain.

Tujuh belas orang tewas, sementara 37 korban lainnya dirawat di rumah sakit setempat karena luka serius.

Tabrakan beruntun yang melibatkan 56 kendaraan roda empat itu terjadi akibat cuaca berkabut dan jalanan yang licin akibat salju. Mayoritas kendaraan yang terlibat dalam insiden tabrakan beruntun di jalan tol Beijing-Kunming, Pingyang, China tersebut didominasi oleh truk besar.

Selain di Negeri Tirai Bambu, peristiwa tabrakan beruntun juga pernah terjadi di Denver, Amerika Serikat. Kala itu kecelakaan melibatkan 100 kendaraan.

Jalur bebas hambatan tempat lokasi kecelakaan terjadi bahkan terpaksa ditutup. Sebelum tabrakan beruntun terjadi, salju dilaporkan mengguyur jalan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.