Sukses

Foto Makan Pecel Lele Saat Banjir Jakarta Disorot Media Asing

Sejumlah media asing menyoroti 'fenomena' warung pecel lele yang tetap buka di tengah rendaman banjir Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir Jakarta kembali terjadi usai hujan deras mengguyur Bogor dan Ibu Kota sepanjang akhir pekan kemarin.

Sejumlah daerah langganan banjir pun kembali terendam usai Sungai Ciliwung meluap. Salah satunya adalah kawasan Jatinegara.

Akan tetapi, ada pemandangan yang menarik perhatian saat banjir menerjang kawasan tersebut. Pasalnya, sebuah warung pecel lele tetap buka meski banjir nyaris menenggelamkan meja tempat makan tersebut.

Tak hanya buka, dua orang pengunjung pun terlihat santai bersantap makan di sana meski kaki keduanya terendam banjir Jakarta.

Hal tersebut diungkap oleh Polda Metro Jaya melalui akun Instagram @tmcpoldametro pada Senin, 5 Februari 2018.

"00:40 #Banjir 50-70 cm di Jl. Jatinegara Barat Jakarta Timur, sementara lalin dialihkan," demikian keterangan yang menyertai foto.

Tak mengherankan jika hal tersebut langsung menjadi perbincangan warganet. Selain menjadi perbincangan warganet Indonesia, warung pecel lele yang tetap buka di tengah rendaman banjir Jakarta menjadi sorotan media asing. Berikut dua di antaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Warganet Jadi Sorotan Media Asing

Media asal Singapura, Asia One, mengangkat "fenomena" itu dengan judul "Netizens amazed by roadside stall remaining open during Jakarta flood".

Dengan memperlihatkan foto yang diunggah Polda Metro di artikelnya, Asia One menyoroti komentar para warganet.

"Beberapa warganet berpikir bahwa foto itu diedit. Namun, video dari YouTube memperlihatkan bahwa itu merupakan kejadian asli," tulis Asia One.

"Dalam video tersebut, warganet dapat melihat dua orang yang makan santai di dalam warung," imbuh media tersebut.

Asia One menulis, banyak warganet yang mengekspresikan kekagumannya di Twitter. Bahkan beberapa di antara mereka berpikir bagaimana kompor bisa hidup di tengah banjir.

3 dari 3 halaman

Pria di Balik Foto Viral

Media yang memiliki sejumlah cabang di Asia, coconuts.co, juga turut menyoroti warung pecel lele tersebut.

Dengan judul "Stomach first, problems later: Photos of Jakarta man eating in warung despite waist-deep flood waters go viral", coconuts mengambil sudut pandang yang lebih jenaka dalam membahas pengunjung warung pecel lele.

"Pria ini memiliki 99 masalah yang harus dihadapinya ketika banjir merendam rumahnya, namun ia tak bisa menunda soal urusan perutnya," tulis coconuts di awal tulisan.

Media tersebut pun kemudian mengungkap pria yang dengan santainya makan di warung pecel lele tanpa menghiraukan banjir yang merendam kakinya.

"Orang yang bisa makan di segala tempat itu diidentifikasi sebagi warga Jakarta, Ahmad Saiful Bahri. Dalam akun Instagramnya, ia mengunggah ulang foto viral (yang diambil oleh temannya dan seseorang yang sedang lewat) dan memberi alasan mengapa ia bisa makan di warung itu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.