Ular Piton Telan Anjing yang Tertidur di Dekat Majikannya

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 02 Feb 2018, 07:48 WIB
Ular piton telan anjing peliharaan di Afrika Selatan (Facebook via Daily Mail)

Liputan6.com, Johannesburg - Nelia Scheepers yang tengah tertidur di rumahnya di Louis Trichardt, Afrika Selatan mendadak terbangun setelah mendengar suara berdecit di sisinya. Ternyata, suara decitan itu berasal dari anjing Scheepers yang tengah disergap oleh seekor ular piton.

Perempuan lansia yang tinggal sendiri itu terkejut melihat ular piton tersebut melilit dan meremuk Goofy -- si anjing -- yang sudah tak berdaya. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail (1/2/2018).

Scheepers sontak beranjak dari kasur bersama dengan beberapa ekor anjing lainnya yang turut berada di ruangan yang sama.

Lansia berumur 60 tahun itu pun bergegas menghubungi petugas penangkap ular setempat. Ia juga berusaha mencari cara untuk menyelamatkan Goofy.

Namun sudah terlambat.

Ketika Scheepers kembali ke ruangan, ular piton itu telah membuka rahangnya selebar mungkin dan menelan seluruh tubuh Goofy.

Penangkap ular setempat, Frikkie Venter pun tiba di lokasi beberapa saat kemudian. Tapi apa daya, Goofy telah tertelan seluruhnya ke dalam tubuh piton tersebut.

Saat Venter menangkap ular tersebut, tampak sebuah tonjolan terlihat dari perut piton itu, yang merupakan bangkai Goofy yang tengah dicerna.

"Ular itu tidak perlu makan lagi selama tiga pekan," kata Venter kepada Daily Mail.

Venter juga mengatakan bahwa kejadian itu, dimana seekor piton masuk ke pemukiman bahkan ke rumah manusia, adalah sebuah peristiwa yang tak biasa.

"Mungkin karena sumber makanan di alam liar sedang berkurang dan temperatur udara malam hari yang tengah memanas beberapa hari terakhir, menyebabkan ular itu masuk ke dalam rumah," jelas Venter yang telah lama berkecimpung di bisnis penangkap ular piton.

 

Saksikan video pilihan seputar ular piton berikut ini:

2 of 2

Menyerang Diam-Diam

Ular piton telan anjing peliharaan di Afrika Selatan (Facebook via Daily Mail)
Ular piton telan anjing peliharaan di Afrika Selatan (Facebook via Daily Mail)

Scheepers menjelaskan telah melihat ular piton batu Afrika raksasa itu di beranda rumahnya beberapa jam sebelum kejadian. Namun, ia merasa tak khawatir, karena ular itu mungkin saja akan pergi dengan sendirinya.

Selain itu, ia juga telah menutup semua pintu dan jendela utama rumahnya sebelum beranjak tidur, terkecuali sebuah ventilasi kecil di dekat ruang tamu.

Dan, Scheepers juga menyatakan bahwa Goofy memiliki pendengaran yang sangat peka di antara sekian ekor anjing peliharaannya. Dan, Goofy juga akan menjadi anjing pertama yang menggonggong jika mengetahui ada masalah.

"Jadi kupikir ular itu pasti bergerak diam-diam melewati rumah dan kemudian menyerang Gufi saat dia tidur," Scheepers menjelaskan.

"Sangat menyedihkan melihat anjing malang itu benar-benar ketakutan dan aku tidak bisa berbuat apa-apa untuknya. Sangat mengerikan."

Piton batu Afrika adalah ular terbesar di benua tersebut. Ular itu hanya akan menyerang jika merasa lapar, dan membunuh mangsanya dengan melilit serta mengencangkan lilitannya setiap kali korbannya bernapas.

Lanjutkan Membaca ↓