Sukses

4 Tarian Indonesia Melanglang Buana ke India

Sejumlah mahasiswa Indonesia menyuguhkan tarian khas Indonesia dalam program pertukaran ASEAN-India Students Exchange Program 2018.

Liputan6.com, New Delhi - Empat tarian Indonesia dipertunjukkan di New Delhi, India, tepatnya dalam rangkaian acara ASEAN-India Students Exchange Program 2018.

Tari Yamko Rambe Yamko, Nganggung, Elok Elok Pukek, dan Tarek Pukat dipentaskan oleh 24 delegasi dari Indonesia, di mana kesemuanya merupakan mahasiswa.

Untuk mempersiapkan keempat tarian yang ditonton oleh delegasi dari ASEAN, selama lima bulan mereka mengkoordinasikan via virtual -- karena berasal dari daerah yang berbeda, dan mereka baru dapat latihan bersama pada tiga hari sebelum berangkat ke Indonesia.

Dua puluh empat delegasi tersebut merupakan mahasiswa yang berasal dari provinsi berbeda di Indonesia, dengan seleksi dari masing-masing daerah.

Selama berada di India, mereka mengunjungi empat kota, yakni Mumbai, Pune, Agra, dan New Delhi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan ke Perusahaan Manufaktur dan Universitas Ternama

Tak hanya berkunjung ke lokasi wisata, mereka juga mengunjungi sejumlah perusahaan manufaktur di India, seperti Zamil Steel dan Godrej.

Selain itu, mereka juga berkunjung ke beberapa universitas, salah satunya adalah Symbiosis International.

Melalui ASEAN-India Students Exchange yang diadakan oleh Confederation of Indian Industry (CII) dan ASEAN, salah satu delegasi dari Indonesia mengaku senang dan mendapat banyak pelajaran dari program tersebut.

"Di sini saya belajar banyak soal keberagaman," ujar Mona Dwi Artika, mahasiswi semester lima Universitas Riau.

"Saya menjadi lebih open minded. Belajar soal keberagaman, bahwa semua meski kita berbeda tapi bisa sama-sama," imbuh dia.

Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang akrab disapa Mona itu, mengaku senang dapat bertemu dan belajar dari delegasi negara-negara ASEAN di India.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

Video Terkini