Sukses

5 Rahasia agar Anda Hidup Mapan di Usia 20 Tahun

Mapan di usia 20 tahun itu bukan mimpi. Semua dapat tercipta lewat kerja kerasa dan keinginan dari dalam diri.

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua tentu berharap dapat menjadi sosok yang mapan dan sukses di usia muda. Tak berharap pada orangtua dan membeli apa pun yang kita inginkan dari hasil jerih payah kita sendiri.

Akan tetapi, membangun dan merintis suatu usaha agar menjadi kaya bukan soal perkara mudah. Selain itu, Anda jangan pernah komperasi usia dengan orang lain.

Lakukan saja yang terbaik dengan visi dan misi ke depan yang Anda miliki. Semua orang punya kesempatan dan peluang yang sama. Ada yang bilang, hidup itu singkat dan jangan sia-siakan itu semua.

Kaya di usia muda itu bukan mimpi. Semua dapat tercipta lewat kerja keras dan keinginan dari dalam diri. Maka dari itu, apa salahnya untuk memulai kejayaan itu sejak muda dan tak perlu menunggu usia di atas 40 tahun.

Seperti dikutip dari laman INC.com, Senin (22/1/2018), berikut 5 rahasia agar Anda hidup mapan di usia 20 tahun:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan Menunda-nunda

Kebodohan anak muda saat ini adalah mereka mengira jika waktu itu berputar lama dan masih punya waktu cukup untuk bersantai-santai.

Mereka juga percaya bahwa pensiun masih jauh di pelupuk mata dan membangun kekayaan dapat dilakukan lain hari.

Sayangnya, hal ini adalah ciri-ciri orang yang tidak sukses. "Oke saya akan melakukannya bulan depan, tahun depan, dua tahun lagi".

Ujung-ujungnya resolusi semacam ini tak akan kesampaian. Menabung dan berinvestasi itu memang menakutkan. Semua kebutuhan saat ini harus serba dipangkas.

Namun, hasil jerih payah yang kalian kumpulkan dapat jadi modal di kemudian hari.

 

3 dari 6 halaman

2. Tak Ada Keajaiban

Percayalah wahai anak muda, tak ada keajaiban yang datang secara mendadak. Berkhayal boleh, tetapi harus disertai usaha dan perencanaan yang baik dan tepat sasaran.

Contoh berinvestasi. Jika Anda yakin untuk memulai usaha dan berinvestasi di bidang tertentu, maka buatlah perencanaan (planning) yang tepat.

Pastikan usaha yang Anda bangun menjanjikan dan dapat memperoleh keuntungan.

 

4 dari 6 halaman

3. Bayar Utang-Utang Anda

Sebelum Anda mulai menabung dan menyimpan uang untuk membangun bisnis, pastikan utang-utang dan pinjaman dalam bentuk apapun dapat terlunaskan.

Hal ini dilakukan agar Anda tidak terseret oleh cicilan-cicilan yang menodong Anda tiap bulan.

Jika sudah plong dan tak ada beban, maka hitung-hitungan Anda soal tabungan jadi lebih enak.

 

5 dari 6 halaman

4. Perbanyak Pengalaman

Pengalaman adalah hal yang sangat pentimg. Nilai pelajaran Anda mungkin diperhitungkan, tetapi banyak pihak yang lebih melihat pengalaman yang Anda miliki.

Salah satu cara untuk memperkaya pengalaman adalah buat jaringan seluas-luasnya. Cari teman yang dapat membantu Anda. Cara ini bisa digunakan hingga tua nanti.

 

6 dari 6 halaman

5. Jangan Takut Ambil Risiko

Anda muda dan pasti bisa. Jangan pernah takut untuk mengambil setiap risiko. Pertimbangkan untuk berhenti dari perusahaan Anda saat ini dan mulailah bisnis saat ini juga.

Sekecil apa pun usaha Anda jika ditekuni maka akan berbuah hasil. Tampak seram sebenarnya ketika harus melepas pekerjaan tepat. Maka dari itu, Anda diminta untuk perbanyak pengalaman, buat anggaran yang tepat, menabung dan kerjakan semuanya sesuai perencanaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.