Pabrik Petasan Meledak di India, 17 Orang Tewas

Oleh Happy Ferdian Syah Utomo pada 21 Jan 2018, 13:30 WIB
Diperbarui 21 Jan 2018, 13:30 WIB
Suasana kalut terlihat pada para keluarga korban meledaknya pabrik petasan di India - AP
Perbesar
Suasana kalut terlihat pada para keluarga korban meledaknya pabrik petasan di India - AP

Liputan6.com, New Delhi - Kebakaran besar terjadi pada sebuah pabrik petasan yang berlokasi di utara New Delhi pada Sabtu, 20 Januari 2018, dan menimbulkan korban tewas sebanyak 17 orang.

Lusinan petugas pemadam kebakaran membutuhkan hingga tiga jam untuk mengendalikan api kebakaran yang terjadi di kawasan industri Bawana.

 

Dilansir dari laman NYDailyNews.com, pada Minggu (21/1/2018) sebanyak 17 orang ditemukan tewas dalam kebakaran itu, dan seorang pekerja mengalami luka bakar serius dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Hingga berita ini ditayangkan, belum dketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun, otoritas setempat mengatakan adanya dugaan kuat penyelewengan aturan standar keselamatan pekerja yang diterapkan di pabrik petasan terkait.

Pemilik pabrik juga belum memberikan keterangan resmi, meskipun pihak kepolisian telah melakukan pemanggilan resmi dan menutup area pabrik dua lantai itu dengan garis polisi.

Pemerintah New Delhi juga menyatakan larangan produksi sementara kepada beberapa pabrik petasan yang berada di sekitar kawasan mega kota Delhi, dan berencana lakukan pemeriksaan aturan standar secara serentak di hari Minggu ini.

 

2 dari 2 halaman

Pentingnya Petasan untuk Ritual Keagamaan di India

Petasan, Kembang Api dan Mercon
Perbesar
Ilustrasi Foto Petasan (iStockphoto)

Telah banyak kecelakaan kerja yang fatal terjadi di India setiap tahunnya. Rata-rata penyebab kecelakaan kerja tersebut adalah tidak dipatuhinya standar keselamatan kerja yang diwajibkan oleh pemerintah.

Pada bulan Juni 2017 lalu, 23 orang dilaporkan tewas dalam sebuah ledakan di pabrik petasan yang  berlokasi desa Kheri di negara bagian Madhya Pradesh. Ledakan tersebut memicu kebakaran besar yang meluluhlantakkan pabrik dalam waktu cepat.

India sendiri memiliki jumlah permintaan yang besar terhadap petasan, dan kerap digunakan pada beberapa kegiataan keagamaan dan penyemarak pesta pernikahan.

Beberapa pabrik biasa memulai peningkatan produksi petasan, beberapa bulan sebelum diselenggarkaan berbagai perayaan Hindu besar. Petasan dianggap sebagai bagian penting ritual keagamaan, yang bertujuan untuk mengusir roh-roh jahat dari muka Bumi.

Lanjutkan Membaca ↓