Sukses

Berlian 'Terbesar dalam Sejarah' Ditemukan, Harganya?

Berlian sebesar bola golf ditemukan di pegunungan Lesotho di Afrika Selatan.

Liputan6.com, Maseru - Sebuah berlian sebesar bola golf ditemukan di pegunungan Lesotho di Afrika Selatan. Berlian ini diklaim sebagai berlian terbesar sepanjang sejarah.

Gem Diamonds -- produsen berlian global terkemuka dengan operasi penambangan berlian di Lesotho dan Botswana -- menemukan bongkahan batu berlian 910 karat yang ukurannya dua setara dengan dua bola golf.

Perusahaan yang berpusat di London, Inggris itu menemukannya di tambang Letseng, tambak milik Gem Diamonds.

Ini adalah berlian berwarna D tipe IIa (D colour Type Ila), artinya berlian tersebut memiliki sedikit atom nitrogen atau tidak ada sama sekali, membuatnya menjadi salah satu batu termahal.

Sementara itu, berlian ini diklaim sebagai terbesar kelima sepanjang sejarah penemuan.

Berlian seukuran bola golf ditemukan di Lesotho, Afrika Selatan. (AFP/The Independent)

Tambang Letseng terkenal karena ukuran dan kualitas berlian yang dihasilkannya, serta memiliki harga jual rata-rata tertinggi di dunia.

Gem Diamonds pernah menjual batu berlian 357 karat seharga US$ 19,3 miliar pada tahun 2015 dan pada tahun 2006 menemukan batu berlian 603 karat di Lesotho Promise.

"Berlian berkualitas tinggi dan luar biasa ini adalah yang terbesar yang pernah ditambang sampai saat ini. Penemuan ini juga menyoroti kualitas tak tertandingi dari tambang Letseng," kata Kepala Eksekutif Gem Diamonds, Clifford Elphick, dilansir The Independent, Senin (15/1/2018).

Gem Diamonds tidak mengatakan medium penjualan berlian itu atau mengenai harganya. Mereka hanya menjelaskan, nilai jual berlian akan ditentukan dari ukuran dan kualitas batu yang telah dipoles yang biasa dipecah darinya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penemuan Batu Berlian Lainnya

Sebagai contoh, Lucara Diamond -- produsen berlian yang bermarkas di Vancouver, Kanada -- menjual sebuah berlian 1.109 karat seharga US$ 53 miliar tahun 2015, namun mereka hanya bisa mendapatkan US$ 63 juta untuk pecahan berlian tersebut dengan kadar 813 karat.

"Harga berlian sangat bervariasi dan didorong oleh banyak faktor," kata Ben Davis, seorang analis di Liberum Capital Markets.

"Tapi dengan asumsi bahwa tidak ada inklusi besar yang bisa ditembus melalui penjualan berlian, kami memperkirakan harga jualnya (berlian sebesar bola golf) US$ 40 juta," imbuhnya.

Penemuan terakhir Gem Diamonds yaitu dua buah batu berlian, masing-masing 117 karat dan 110 karat.

Penemuan ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan pendapatan perusahaan tersebut, setelah tahun lalu turun ke titik terendah, yang memaksa Gem Diamonds menutup tambang barunya di Botswana.

Rencananya, Gem Diamonds akan menjual batu berlian "bola golf" tersebut pada pukul 9:30 pagi di London, Inggris.

Penemuan besar itu akan meningkatkan kepercayaan investor bahwa perusahaan tersebut mampu mengatasi kekurangan stok berliannya.

Gem Diamonds menemukan setidaknya tujuh batu berlian dengan kadar lebih besar dari 100 karat pada 2017 dan lima tahun sebelumnya. Perusahaan ini juga menemukan selusin batu berlian lebih dari 100 karat pada tahun 2015.

Berlian terbesar yang ditemukan adalah Cullinan 3.106 karat, di dekat Pretoria, Afrika Selatan, pada tahun 1905. Lasedi La Rona 1.109 karat yang menjadi terbesar kedua, ditemukan di Lucara. Excelsior 995 karat dan Star of Sierra Leone 969 karat, masing-masing menjadi yang terbesar ketiga dan keempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini