Sydney Siapkan Delapan Ton Kembang Api untuk Tahun Baru

Oleh Liputan6.com pada 31 Des 2017, 09:12 WIB
Ilustrasi kembang api

Liputan6.com, Sydney - Malam perayaan tahun baru di Kota Sydney, Australia, tercatat sebagai salah satu yang terbesar dan dinanti-nantikan di dunia. Pasalnya, Sydney menjadi satu dari sejumlah kota yang mengalami pergantian tahun lebih awal.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pesta malam pergantian tahun akan terpusat di kawasan Sydney Harbour. Pesta kembang api dan penampilan tata cahaya yang megah pun akan ditampilkan.

Dari laporan City of Sydney, malam pesta tahun baru 2018 akan menggunakan delapan ton kembang api, atau satu ton lebih banyak dibandingkan dengan setahun sebelumnya.

Dikutip dari ABC Australia Plus, Minggu (30/12/2017), langit di Kota Sydney juga akan dihujani dengan sekitar 13 ribu kembang api jenis shell dan 30 ribu tembakan kembang api jenis komet. Pemerintah Kota Sydney mengatakan, puluhan ribu kembang api akan ditembakkan ke udara dari 175 lokasi di kawasan Sydney Harbour.

Tidak ketinggalan pula 10 ribu jenis efek akan menghiasi Opera House dan Sydney Harbour Bridge.

Teknologi yang digunakan pun tentu saja tidak kalah canggih, seperti hampir tiga ribu lampu efek yang akan mengikuti alunan musik dan disesuaikan dengan letupan dan warna-warna kembang api.

 

2 of 3

Tema Pesta Kembang Api

Petasan, Kembang Api dan Mercon
Ilustrasi Foto Petasan (iStockphoto)

Salah satu acara yang dinanti-nantikan dalam perayaan tersebut adalah Parade Cahaya Pelabuhan, yang tahun ini disebut-sebut akan menjadi terbesar yang pernah digelar.

Sebanyak 57 perahu dihiasi dengan lampu-lampu akan membawa sekitar delapan ribu orang akan berlayar di kawasan Sydney Harbour setelah pukul 21.00 malam.

Tema untuk pesta kembang api dan cahaya di Sydney tahun ini adalah 'Wonder' dan 'Harmony' yang menggambarkan kecantikan Kota Sydney serta harapan positif di tahun 2018.

Acara malam perayaan tahun baru akan dimulai pada pukul 08.30 malam waktu setempat, atau 04.30 sore waktu Indonesia barat dengan upacara "selamat datang" dari kebudayaan Aborigin.

Keluarga, termasuk anak-anak, bisa mulai menikmati pesta kembang api di atas langit Sydney pada pukul 21.00 malam.

Sementara puncak perayaan pergantian tahun akan dimulai tepat pada pukul 00.00 malam.

3 of 3

Sejarah Perayaan Tahun Baru di Sydney

Petasan, Kembang Api dan Mercon
Ilustrasi Foto Petasan (iStockphoto)

Perayaan malam pergantian tahun baru di Sydney yang terkenal di dunia ini sudah dimulai sejak 31 Desember 1989. Saat itu 6.000 kembang api dinyalakan pada pukul 21.00 malam dengan jumlah pengunjung empat ratus ribu orang.

Di akhir tahun 90-an, perayaan malam tahun baru dipindahkan ke waktu tengah malam dengan gedung-gedung tinggi menjadi tempat ditembakkannya kembang api.

Pesta kembang api untuk keluarga, yang dimulai pukul 21.00 malam, pernah dibatalkan di tahun 2003 karena saat itu angin bertiup kencang dengan mencapai 90 kilometer per jam.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait