Sukses

Komando AU AS-Kanada Bantu Anak-Anak Lacak Sinterklas

Setiap malam Natal, komando pertahananan udara AS dan Kanada, melayani telepon dari anak-anak yang ingin tahu keberadaan Sinterklas.

Liputan6.com, Denver - Setiap malam Natal, komando pertahananan udara Amerika Serikat dan Kanada, punya tugas penting selain memantau ruang udara kedua negara dari ancaman serangan nuklir.

Para relawan dari sebuah pangkalan Angkatan Udara di Colorado melayani telepon dari anak-anak yang bersemangat ingin tahu keberadaan Sinterklas di malam Natal.

Bahkan Presiden Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump juga turut membantu menjawab panggilan telepon program Lacak Sinterklas oleh Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD), dari kediaman mereka di Florida.

Dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (25/12/2017), program yang sudah berjalan selama 62 tahun oleh militer Amerika dan Kanada, dimulai ketika koran Colorado Springs pada 1955 memasang iklan untuk menelepon Sinterklas.

Namun koran tersebut tidak sengaja malah mencantumkan nomor hotline Komando Pertahanan Udara Antar Benua (CONAD), yang bertugas memantau kemungkinan serangan nuklir dari Uni Soviet

Anak-anak mulai menelepon dan staf CONAD pun dengan senang hati melayani mereka. Program ini sekarang diteruskan oleh pengganti CONAD, yaitu North American Aerospace Defense Command atau komando Amerika-Kanada yang memonitor ruang udara antara kedua negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terima 80 Panggilan per Jam

Tahun lalu, NORAD Tracks Santa menerima hampir 154.200 panggilan telepon dan menarik 10,7 juta pengunjung unik ke lamannya. Akun Facebooknya memiliki 1,8 juta pengikut, akun platform berbagi videonya ditonton 382.000 kali, dan memiliki 177.000 pengikut akun Twitter.

Juru bicara NORAD, Kapten Chase McFarland, mengatakan para relawan melayani sekitar 80 panggilan telepon setiap jamnya. Ada 1.500 relawan yang bertugas menjawab panggilan anak-anak itu bergantian sesuai giliran jam kerja.

Pertanyaan yang biasanya dilontarkan oleh anak-anak dari seluruh penjuru dunia, termasuk Jepang dan Inggris, adalah Sinterklas berada di mana dan kapan dia akan singgah ke rumah mereka.

Banyak juga yang menanyakan apa makan favorit Sinterklas dan para relawan menjawab Santa akan makan apa saja yang disediakan anak-anak. "Dia tidak pernah pilih-pilih makanan," kata McFarland.

Bila anak Anda tertarik melacak Santa, bisa catat nomor bebas pulsa NORAD tracks Santa: 877-Hi NORAD atau 877-446-6723. Anak-anak juga bisa mampir ke situs www.noradsanta.org.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini