Sukses

Paus Fransiskus Tiup Lilin Ulang Tahun di Atas Piza 4 Meter

Paus Fransiskus telah menginjak usia ke-81 tahun pada 17 Desember 2017. Acara perayaan ulang tahun pun diselenggarakan.

Liputan6.com, Vatikan - Pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus telah menginjak usia ke-81 tahun pada 17 Desember 2017. Acara perayaan ulang tahun pun diselenggarakan.

Dilansir dari laman NBCnews.com, Senin (18/12/2017), bukan kue ulang tahun yang disajikan, melainkan piza berukuran empat meter dengan sebatang lilin di atasnya.

Bersama belasan anak-anak, Paus Fransiskus meniup lilin sebagai penanda hari jadinya tersebut.

"Terima kasih banyak, terima kasih banyak," ujar Paus Fransiskus.

Tak hanya dari anak-anak, ucapan selamat hari ulang tahun juga disampaikan oleh massa yang telah berkumpul di Lapangan Santo Petrus.

Mereka juga menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk pria asal Argentina tersebut.

Selain piza, Paus Fransiskus juga mendapatkan kue ulang tahun yang didominasi oleh warna putih.

Di atas kue tersebut terdapat gambar Paus Fransiskus tengah memikul Bumi yang nyaris retak akibat perselisihan dan permasalahan yang terjadi.

Dalam gambar itu juga terlihat Paus Fransiskus sedang membawa tas hitam yang bertulis keberanian.

"Gambar tersebut menunjukkan simbol pemersatu," ujar Mauro Pallotta pembuat kue ulang tahun.

Sebelum menggambar Paus Fransiskus yang tengah memikul Bumi, seniman yang akrab dipanggil MauPal tersebut pernah menggambar sosok Paus sebagai tokoh Superman pada tahun 2014. Demikian dikutip dari laman gmanetwork.com.

Kala itu, desain yang diaplikasikan pada kaos tersebut laku terjual di pasaran dan menjadi proyek amal bagi Vatikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengakuan Paus Fransiskus: Terkadang Saya Tertidur Saat Berdoa

Selain cerita piza empat meter di hari ulang tahun, pemberitaan seputar Paus Fransiskus yang sempat bikin heboh baru-baru ini adalah pengakuannya pernah tertidur saat berdoa.

Ia mengaku bahwa kadang-kadang tertidur saat berdoa. Ia mengklaim orang-orang kudus juga mengalami hal serupa.

"Saat saya berdoa, terkadang saya tertidur," kata paus kelahiran Buenos Aires, Argentina, tersebut dalam sebuah episode terbaru program acara televisi berjudul Catholic TV2000 seperti dikutip dari The Guardian.

"Santa Theresa juga melakukannya," kata Paus Fransiskus mengacu pada seorang biarawati Prancis abad ke-19.

Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia tersebut selama ini selalu memancarkan energi dan antusiasme saat bertemu dengan banyak orang. Namun, ekspresinya berubah sangat serius ketika ia berdoa. Ia kerap memejamkan mata dan menundukkan kepala untuk waktu yang lama.

Paus dilaporkan sangat menjaga waktu tidurnya. Setiap hari, ia sudah berada di tempat tidur untuk bersiap terlelap pada pukul 21.00 dan kembali terjaga pada pukul 04.00 pagi.

Fransiskus telah menjadi Kepala Gereja Katolik Roma sejak 2013. Ia memiliki jadwal kunjungan internasional dan penampilan publik yang padat.

Sri Paus dikenal karena beberapa reformasi moderat dan keterbukaan dalam masa kepausannya, khususnya penggunaan bahasa yang sederhana dan langsung. Demikian seperti dikutip dari BBC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini