Kaleidoskop: Singa Nyengir... Kisah Unik Indonesia yang Mendunia

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 13 Des 2017, 09:36 WIB
Diperbarui 13 Des 2017, 09:36 WIB
Banyak kisah unik yang terjadi sepanjang tahun 2017. Beberapa di antaranya terjadi di Tanah Air dan jadi sorotan dunia (Liputan6.com)
Perbesar
Banyak kisah unik yang terjadi sepanjang tahun 2017. Beberapa di antaranya terjadi di Tanah Air dan jadi sorotan dunia (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa mengejutkan, aneh, takhayul dan wafatnya seorang manusia yang dianggap paling tua di muka bumi mewarnai dunia sepanjang tahun 2017.

Berita seorang ibu yang tengah mengandung dan melahirkan janin menyerupai katak menarik perhatian pembaca. Sementara itu, penemuan bayi dalam sebuah septic tank juga bikin heboh.

Yang tak kalah menarik, adanya penelitian yang menyebut bahwa tak semua sayur yang dikonsumsi aman di dalam tubuh. Beberapa di antaranya ternyata dapat membunuh manusia.

Di Tanah Air sendiri, banyak kejadian-kejadian yang menjadi sorotan dunia sepanjang 2017. Mulai dari seekor piton di Sulawesi Barat yang menelan manusia.

Berita ular lainnya yaitu pertarungan sengit antara manusia vs ular piton dan seorang pria yang dianggap sebagai pahlawan oleh media asing karena berhasil menangkap dan membunuh ular berbisa yang tengah merayap di KRL Bogor-Angke.

Tak hanya ular, adapula fenomena langka yang terjadi di Kalimatan. Seekor buaya bikin heboh karena terekam tengah menepikan jenazah seorang pria.

Pemberitaan dari dalam negeri yang juga jadi sorotan yaitu kematian Mbah Gotho -- manusia yang dianggap paling tua.

Liputan6.com, ingin mengingatkan kembali tentang peristiwa-peristiwa menarik dan menghebohkan yang terjadi sepanjang tahun 2017. Berikut ulasannya:

 

2 dari 4 halaman

Januari - April

Meme patung macan nyengir. (Facebook Wibi Juniadi)
Perbesar
Meme patung macan nyengir. (Facebook Wibi Juniadi)

Ular Memangsa Ular

Pada awal tahun 2017, kelompok penangkap ular N&S Snake Cather di Brisbane, Australia, mengunggah video tak terduga. Rekaman itu diambil ketika mereka sedang menjalankan tugas membersihkan sebuah rumah dari ular.

Ketika sedang melakukan tugas di sebuah rumah di negara bagian Queensland, mereka mendapati seekor ular coklat yang mematikan sedang menelan seekor ular piton.

Dikutip dari UPI, para pawang ular itu menuliskan tentang isi video, "Kami akan berada di sini sejenak lamanya."

Ular pemakan ular itu hanya bisa ditangkap beberapa jam kemudian, setelah tuntas menyantap ular mangsanya. (Sumber N&S Snake Catcher)

Ular coklat di timur Australia memang dikenal memangsa ular lain, bahkan yang sejenis dengannya. Tentu saja, spesies itu juga menyantap mangsa biasa seperti tikus, kodok, dan kadal.

Namun demikian, Sally Hill, salah seorang pemilik N&S Snake Catcher, mengaku kepada ABC News bahwa mereka belum pernah melihat yang seperti ini.

"Kami belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya, sangat jarang pawang ular mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan yang begini," kata perempuan itu

Selengkapnya...

Ibu di Zimbabwe Ini Melahirkan Katak?

Pada Februari 2017, seorang ibu Zimbabwe, Precious Nyathi, melahirkan bayi yang terlihat seperti katak. Perempuan asal desa Gokwe itu sedang hamil delapan bulan kala melahirkannya. Suaminya, Nomore, dibuat bingung atas kejadian itu.

"Aku bergegas ke rumah dan terkejut ketika melihat seekor katak...yang dilahirkan istriku. Di rumah sakit mereka mengonfirmasi bahwa ia yang melahirkannya namun mereka juga terkejut," ujar Nomore.

Menurut website berita lokal, The Herald, bayi tersebut meninggal di Rumah Sakit Distrik Gokwe meski telah menerima perawatan medis.

"Aku mengharapkan seorang anak dan ini yang surga berikan kepada kita. Ini adalah peristiwa mengejutkan yang akan menghantui sepanjang hidupku," kata Nyathi kepada awak media.

Dikutip dari Daily Mail, pasangan yang bingung itu pun membawa pulang bayi mereka karena ingin mencari nasihat dari sesepuh desa dan juga pemimpin masyarakat.

Menurut laporan, para tokoh masyarakat memerintahkan bahwa bayi yang terlilhat seperti katak itu untuk dibakar.

Selengkapnya...

Patung Macan Nyengir

Berita unik yang jadi sorotan dunia di caturwulan pertama di tahun 2017 tentang kemunculan sebuah patung macan yang jadi banyak perbicangan.

Tepatnya pada Maret 2017, sebuah patung macan di kantor Koramil Cisewu, Garut, Jawa Barat mencuri perhatian publik dunia maya. Alih-alih punya patung macan yang terlihat gahar, bentuknya malah terlihat ceria karena menampilkan senyum lebar dari hewan buas tersebut.

Penampakan itu pun dengan cepat menjadi bahan guyonan baru di internet, lalu viral di dunia maya. Sejumlah meme jenaka pun bertebaran di sosial media.

Patung macan nyengir juga jadi sorotan media asing (BBC)

Tak hanya ramai diperbincangkan Tanah Air, patung macan nyengir itu juga ternyata menjadi sorotan media asing. Beberapa di antaranya dari Inggris dan Malaysia.

Media Inggris BBC, mengulas patung nyengir itu melalui artikel bertajuk 'Indonesian army destroys much-mocked tiger statue'.

"Tentara Indonesia telah membongkar patung harimau di depan sebuah markas di Jawa Barat setelah menjadi bahan becandaan online," tulis media tersebut.

Patung macan menyeringai di sebuah desa kecil di Garut itu sejatinya maskot untuk Komando Militer Siliwangi.

Sementara dari Malaysia, Malay Online, menjadikan isu patung macan nyengir itu sebagai pemberitaan dengan judul 'Roar no more: Indonesian military removes much-mocked tiger statue'.

"Tanpa ada tanda-tanda, militer pada Senin 13 Maret menghancurkan maskot yang telah berdiri di luar markas itu selama enam tahun. Gambar yang diposting online menunjukkan personel militer menggunakan palu dan pahat untuk menghancurkannya," tulis media Negeri Jiran itu.

Selengkapnya...

Ular Piton Telan Manusia

Kemuculan ular piton di sebuah pemukiman tentu akan mengejutkan banyak warga. Hewan melata dengan tubuh besar ini sempat menggemparkan warga Sulawesi Barat karena menelan seorang warga sekitar.

Tepatnya pada Maret 2017, seorang petani bernama Akbar yang sempat dikabarkan hilang, ditemukan tak bernyawa di dalam perut ular piton sepanjang 7 meter. Penemuan tersebut pun sontak menggegerakan masyarakat.

Salah seorang warga yang menyaksikan langsung proses pembelahan perut ular tersebut, Satriawan, menjelaskan bahwa Akbar pergi ke kebun kelapa sawit miliknya sejak Minggu, 26 Maret 2017 pukul 09.00 Wita. Namun ia tak kunjung pulang hingga keesokan harinya.

Warga pun akhirnya memutuskan untuk mencari Akbar. Menurut Satriawan, warga menemukan ular piton yang terlihat kekenyangan setelah menelan benda besar, sehingga sulit bergerak.

Kabar jasad seorang petani yang ditemukan di dalam perut ular piton sepanjang 7 meter menjadi sorotan sejumlah media asing. (BBC)

Warga curiga Akbar, yang sejak sehari sebelumnya hilang, ditelan oleh ular piton tersebut. Pasalnya, kelapa sawit yang habis dipetik ditemukan berserakan di sekitar lokasi penemuan ular tersebut.

"Kemungkinan ular tersebut menyerang Akbar dari belakang," lanjutnya singkat.

Akhirnya warga sepakat untuk membelah perut ular tersebut dengan menggunakan peralatan seadanya. Video berdurasi 5 menit 43 detik yang menampilkan detik-detik evakuasi korban langsung viral di media sosial.

Tak hanya di Indonesia, kabar ditemukannya Akbar ternyata juga menjadi sorotan media asing.

Selengkapnya...

Mahluk Misterius di Aceh Vs 'Tuyul' di Malaysia

Kisah unik lainnya yang terjadi pada April 2017, soal penampakan makhluk misterius yang menggegerkan dunia maya.

Keberadaannya terekam kamera di Aceh, Indonesia lalu Malaysia.

Di Bumi Serambi Mekah, sesosok makhluk kecil terekam sedang berlari di wilayah pedalaman. Keberadaannya dijumpai sejumlah petualang. Video penampakan tersebut diunggah pertama kali ke situs berbagi video oleh akun Fredography.

Jika rekaman itu nyata adanya, bukan rekayasa, mahluk kerdil yang muncul di Indonesia diduga merupakan suku Mante yang tinggal di Aceh.

Ciri-ciri suku Mante ada pada tinggi badannya. Rata-rata pria dan wanita Suku Mante tinggi badannya tidak sampai 1 meter.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Mei - Agustus

Di Hadapan Ribuan Diaspora Indonesia, Obama Ceritakan Liburannya
Perbesar
Setelah berlibur, Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama, menyampaikan pidato dalam pembukaan Kongres ke-4 Diaspora Indonesia.

Mbah Gotho Wafat

Berdasarkan data riwayat hidup, Sodimedjo atau yang lebih sering dikenal dengan Mbah Gotho lahir pada Desember 1870. Lelaki berusia 146 tahun yang diklaim sebagai manusia tertua di dunia itu mengembuskan napas terakhirnya Minggu lalu.

"Mbah Gotho meninggal tadi sekitar pukul 17.45 WIB," ucap Suryanto, cucu Mbah Gotho, Minggu 30 Mei 2017 malam.?

Wafatnya Mbah Gotho kemudian menuai perhatian dunia. Media-media asing juga memuat kabar tentang pria yang hidup lebih dari satu abad itu.

Situs berita Asia, Eropa, Inggris dan Amerika di antara yang mengangkat kisah tersebut.

Melalui artikel berjudul "Oldest human dies in Indonesia 'aged 146", BBC menuliskan kisah rahasia umur panjang pria perokok berat itu.

Kadar hemoglobin Mbah Gotho terdeteksi hanya 4. Meski begitu, ia sempat marah saat diantar perawat ke ruang perawatan. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Dalam wawancara dengan media Inggris tersebut, Mbah Gotho mengatakan "karena banyak orang yang mencintai dan memperhatikan saya".

Situs Inggris Daily Mail juga tak mau ketinggalan turut mengulas dalam tulisan berjudul 'World's 'oldest person' who outlived FOUR wives and claimed to be 146 years old dies in Indonesia', mengangkat tahun kelahiran Mbah Gotho.

Situs itu menyebut, jika benar Si Mbah lahir pada 1870, dirinya lahir di tahun yang sama dengan pemimpin faksi Bloshevik, Vladimir Lenin, dan satu tahun setelah Terusan Suez resmi di buka.

Laman itu juga memaparkan bahwa Mbah Gotho hidup pada masa Perang Dunia kedua, saksi hidup di masa penjajahan Jepang dan Belanda di Indonesia yang membuat dirinya dikenal sebagai pahlawan di desa.

Selengkapnya...

Liburan Barack Obama di Indonesia

Indonesia kembali jadi sorotan pada Juni 2017. Kala itu, Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama tiba di Bali. Pulau Dewata menjadi tempat pertama yang dipilih Obama dan rombongannya, dalam rangkaian kunjungan ke Indonesia yang berlangsung selama 10 hari.

Di Bali, Obama dan rombongan akan mengunjungi sejumlah tempat wisata seperti Istana Tampak Siring, Pura Tirta Empul, Nusa Dua, Pantai Pandawa, Uluwatu, Bedugul, dan Pura Tanah Lot.

Dari Bali, Obama dijadwalkan bertolak langsung ke Yogyakarta dan mengunjungi sejumlah tempat wisata di sana. Dia akan menghabiskan waktu di lokasi tersebut sebelum memenuhi undangan makan siang dari Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

Kunjungan Barack Obama ke Indonesia tersebut turut menjadi sorotan sejumlah media asing.

Dengan judul "Barack Obama kicks off tropical holiday in Indonesia's Bali", Straits Times membahas soal waktu dan tempat Obama berlibur selama di Indonesia.

"Barack Obama akan menghabiskan 10 hari untuk berlibur bersama keluarga di Indonesia, yang akan bertempat di Bali dan Jakarta, kota di mana masa kecilnya dihabiskan," tulis media asal Singapura itu.

Tak jauh berbeda dengan Straits Times, media Malaysia, Astro Awani, juga membahas kegiatan Obama selama berkunjung ke Indonesia dengan judul "Barack Obama on private holiday in Bali".

Dalam tulisannya, media asal Malaysia itu juga menyebutkan bahwa Obama pernah tinggal di Jakarta selama empat tahun, sejak 1967 hingga 1971, yakni saat menempuh pendidikan sekolah dasar.

Selengkapnya...

Menteri Susi Tertidur di Bandara

Semangat untuk bekerja keras yang dimiliki anggota kabinet Presiden Joko Widodo tak jarang membuat para menteri kelelahan.

Tak sedikit yang menggunakan waktu menunggu pesawat di tengah kunjungan kerja, sebagai waktu beristirahat.

Salah satu yang menggunakan trik itu adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menteri Susi tertidur di sofa ruangan tunggu Bandara John F Kennedy, New York, Amerika Serikat.

Seorang warga Indonesia yang kebetulan juga berada di sana mengabadikannya.

Foto Menteri Susi kemudian viral di media sosial, juga menjadi sorotan media asing.

Beberapa media asing menyoroti Menteri Susi tidur di Bandara John F Kennedy, Amerika Serikat. (Asia One dan The Star.My)

Media Singapura, Asia One, yang dikutip Selasa (13/6/2017), menuliskan artikel tentang foto Menteri Susi dengan tajuk Picture of Indonesian minister sleeping at US airport lounge goes viral. Laman online Malaysia, The Star Online juga mengulasnya melalui judul yang sama.

Foto-foto tersebut juga dimuat di www.kualalumpurpost.net.

Melalui tulisan viral: DiCaprio praises Indonesian Fisheries Minister, Susi catches airport nap after big UN speech, media Filipina Coconuts.co menyenggol peristiwa itu.

Tak hanya soal sang menteri yang kelelahan di bandara, Coconuts juga mengisahkan tentang pujian aktor terkenal, Leonardo DiCaprio terhadap sosok Susi Pudjiastuti.

Selengkapnya...

Buaya Tepikan Jenazah Manusia

Sebuah video yang menunjukkan detik-detik seekor buaya tengah menyeret jasad manusia ke tepi sungai beredar luas dan viral di media sosial pada Juli 2017.

Belakangan diketahui, video tersebut direkam oleh seorang warga Biatan Lempake, Kalimantan Timur.

Rekaman itu telah diunggah oleh banyak orang melalui jejaring media sosial. Sehingga tak tahu jelas dari mana sumber pertama berasal. Yang jelas, rekaman itu menunjukkan seekor buaya menggigit bagian tubuh manusia yang diduga tenggelam.

Teriakan warga yang melihat kejadian ini terdengar jelas dalam rekaman video. Mulanya, warga mengira hewan buas itu akan memakan tubuh pria tersebut.

Di luar dugaan, bukannya disantap, buaya tersebut malah menepikan tubuh korban ke tepi sungai.

Ilustrasi Foto Buaya (iStockphoto)

Berita yang tengah viral tersebut tak hanya menggegerkan warga Indonesia. Peristiwa yang secara cepat tersebar itu juga menuai perhatian dunia. Beberapa media asing pun memuat insiden langka tersebut.

Situs berita Inggris, Daily Mail, ikut mengangkat kisah buaya tersebut.

Melalui artikel berjudul "Astonishing moment a crocodile RETURNS the body of a man it killed a day earlier after it is 'SUMMONED' by a witch doctor", Daily Mail menulis, korban diidentifikasi sebagai Syarifuddin (41).

Selengkapnya...

Temuan Bayi di Septic Tank

Tak hanya membuat geger warga setempat, temuan bayi baru lahir di dekat septic tank di Indramayu, Jawa Barat pada 6 Agustus 2017 menuai perhatian dunia.

Warga sekitar Desa Gantar di Kabupaten Indramayu menemukan bayi itu setelah mendengar suara tangisan. Ketika ditemukan, ia menderita luka di bagian kepala.

Ari-ari yang sudah membusuk ada di dekatnya. Bayi itu langsung dibawa ke rumah sakit dan polisi sedang 'memburu' orangtuanya.

Sejumlah media internasional setidaknya di tiga benua turut memberitakan peristiwa tersebut.

Melalui tulisan berdujul "Heart-wrenching moment a newborn baby is rescued after being buried alive under a pile of rubbish in a septic tank in Indonesia", laman berita Inggris Daily Mail.

Masih dari Inggris, laman The Sun mengunggah laporan serupa dengan judul "Baby buried alive crying newborn baby is rescued after being tossed under a pile of rubbish in a septic tank."

Dari Afrika, kisah tersebut juga dimuat oleh laman berita Daily Post di Nigeria, dengan tajuk "New born baby found under septic tank."

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

September - Desember

Panda China
Perbesar
Panda asal China bernama Hu Chun bermain di kandangnya di kebun binatang Taman Safari Indonesia di Bogor, Jawa Barat, (1/11). Dua panda Cai Tao dan Hu Chun pada November 2017 ini siap diperkenalkan ke publik. (AP Photo / Achmad Ibrahim)

Panda Asal China datang ke Indonesia

Berita seputar kedatangan dua Giant Panda di Indonesia, ternyata tak hanya menjadi sorotan media dalam negeri. Beberapa media asing yang tersebar di beberapa negara turut memberitakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia dan China tersebut.

Situs berita Singapura yaitu New Straits Times, ikut mengangkat berita seputar kedatangan sepasang panda.

Melalui artikel berjudul "China's giant pandas Cai Tao and Hu Chun arrive in Indonesia", Straits Times menulis, dua panda tersebut tiba di Jakarta menggunakan layanan kargo dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Seekor panda China berada di dalam kandang saat tiba di Terminal Kargo, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (28/9). Panda bernama Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) itu didatangkan dengan pesawat kargo Garuda Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Panda dengan bobot mencapai 128 kilogram (jantan) dan 113 kilogram (betina) tersebut dibawa ke Jakarta dengan Airbus 330-200 selama kurang lebih enam jam.

Media lain yang turut memberitakan kehadiran dua panda adalah Xinhua.

Media asal China tersebut menulis, rencana peminjaman panda telah dibicarakan sejak tahun 2010. Kala itu, China dan Indonesia tengah merayakan hubungan diplomatik ke-60 tahun. Demikian ditulis dalam artikel "Two giant pandas leave for Indonesia".

Tak mau ketinggalan, media asing asal Negeri Sakura pun juga menulis kedatangan hewan berbulu hitam dan putih tersebut.

Dalam artikel bertajuk "China's panda 'diplomats' have tough job to do in Indonesia" Asia Nikkei menulis dari sudut pandang lain. Cai Tao dan Hu Chun dianggap sebagai simbol perdamaian antar kedua negara. Pasalnya, beberapa waktu lalu kedua negara sempat bersitegang terkait kasus penamaan Laut China Selatan yang diubah pada peta Republik Indonesia.

Selengkapnya...

Pertarungan Ular Piton Vs Pria

Pada Oktober 2017, pemberitaan seorang pria yang bekerja di sebuah perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau jadi sorotan dunia.

Pertarungan sengit yang nyaris merenggut nyawanya itu bermula ketika ia sedang dalam perjalanan pulang selepas bekerja.

Di tengah perjalanan, pria yang diketahui bernama Robert Nababan itu melihat ada dua orang pejalan kaki yang terhenti langkahnya, karena ketakutan melihat seekor ular piton raksasa.

Karena tak ingin orang lain celaka, Robert memutuskan untuk mengusir ular piton. Namun siapa sangka, upaya mengusir ular itu berujung pada pertarungan sengit.

Pertarungan sengit yang nyaris merenggut nyawanya itu membuatnya mengalami luka yang mengerikan.

Ternyata, kisah pertarungan ular piton dengan manusia tersebut menjadi soroton dunia. Kisah perjuangan Robert pun dibahas oleh situs berita Inggris, Daily Mail.

Dalam artikel berjudul "Security guard nearly loses an arm in brutal battle with 25ft python... which is then chopped up and fried by hungry Indonesian villagers", Daily Mail menulis upaya Robert untuk memasukkan ular tujuh meter tersebut ke dalam karung goni.

Namun, upaya tersebut malah membuat lengannya digigit oleh ular piton dan hampir terpisah dari tubuhnya.

Masih dari media Inggris, situs berita Dailystar.co.uk pun tak mau ketinggalan memberitakan kisah ular raksasa tersebut.

Pasca-terbunuh, ular piton tersebut digantung oleh warga sekitar dari satu pohon ke pohon lain menyerupai tali jemuran. Warga dan anak-anak yang berada di samping bangkai ular itu pun tampak kerdil dibandingkan dengan ukuran tubuh piton. Demikian dilansir dari Daily Star dalam artikel bertajuk "Monstrous 23 Foot long snake savages man in vicious fight – but you won't believe who won".

Selengkapnya...

5 Sayuran yang Ternyata Bisa 'Membunuh'

Makanan adalah sumber energi terbesar bagi tubuh manusia. Tanpa mengonsumsinya, manusia akan kurang maksimal dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Misalnya, dalam suatu kondisi Anda lupa sarapan atau makan siang. Bisa jadi tubuh menjadi lemas dan lesu karena tak berenergi.

Sejatinya proses pencernaan bermula dari makanan yang masuk ke dalam mulut. Lalu dikunyah dan menjadi potongan-potongan kecil yang akan membuat pencernaan lebih efisien.

Setelah dikunyah, makanan akan turun ke perut melalui kerongkongan dan dinding perut secara otomatis membesar untuk menampung pasokan makanan yang masuk.

Proses selanjutnya menuju usus kecil dan terjadilah penyerapan ke aliran darah.

Kendati demikian, tak semua jenis makanan yang dikonsumsi dianggap sehat. Pun demikian kala menyantap sayuran.

Ternyata ada beberapa jenis sayuran yang semula dianggap aman bagi tubuh, ternyata memiliki efek mematikan. Apa saja?

Selengkapnya...

Ular di KRL Bogor-Angke

Perjalanan pengguna kereta rel listrik (KRL) commuterline Bogor-Angke dikejutkan dengan ditemukannya seekor ular di rak bagasi penumpang. Ular tersebut akhirnya dapat dievakuasi di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.

Sebuah video yang diunggah akun Instagram @jktinfo menunjukkan ada seorang lelaki berkacamata dengan kemeja kotak-kotak tanpa menggunakan alat bantu menarik ekor ular yang berada di rak bagasi.

Dengan berani, ia langsung membanting hewan berbisa tersebut ke lantai kereta. Para pengguna tampak keheranan dan ngeri saat menyaksikan aksi heroik laki-laki itu.

Humas PT Kereta Commuter Indonesia, Eva Chairunnisa menyatakan, peristiwa itu terjadi pada Selasa, 21 November 2017.

Ia mengatakan, ular itu berasal dari salah satu barang bawaan penumpang yang diletakkan di bagasi atas penumpang.

Selengkapnya...

Jokowi Mantu

Putri Presiden Joko Widodo resmi dipersunting sang pujaan hati yang merupakan teman semasa kuliah, Bobby Nasution.

Kahiyang Ayu tampak anggun dan cantik menggunakan kebaya tradisional berwarna hitam bermotif emas. Corak warna yang sama juga dikenakan oleh mempelai pria.

Sebelum proses ijab kabul berlangsung, kedua pihak keluarga mempelai memberikan sambutan. Setelah itu, barulah prosesi akad nikah dilangsungkan.

Presiden Joko Widodo saat menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution dalam prosesi ijab kabul di Gedung Graha Saba, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11). (Liputan6.com/Pool/Jimboengphoto)

Dalam akad nikah ini, Presiden Jokowi bertindak sebagai wali dari putri kandungnya. Untuk saksi pernikahan, dari pihak Kahiyang Ayu adalah Jusuf Kalla dan Maruf Amin. Sementera, saksi dari mempelai pria, yaitu Syafii Maarif dan Darmin Nasution.

Proses ijab kabul dipandu oleh Basir selaku Kepala KUA Banjarsari. Jokowi tampak duduk di samping pejabat KUA tersebut. Mahar pernikahan yang diserahkan Bobby berupa perlengkapan alat salat dan emas 80 gram.

Selengkapnya...

5 Selebritas yang Dulu Dibayar Mahal Kini Bangkrut

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika melihat dan bertemu selebritas dunia? Bisa jadi Anda membayangkan gaya hidup yang glamor, bermandikan harta, dan menjalani kehidupan tanpa ada gangguan sedikit pun.

Sebagian dari kita juga berharap memiliki nasib serupa dengan pesohor dunia tersebut.

Namun, hidup manusia tak selamanya di atas. Kadang sulit dan terkadang bahagia. Seperti roda yang berputar, kehidupan memang ada pasang surutnya.

Hal itu yang terjadi pada lima selebritas dunia ini. Tak hanya kehabisan uang, para pesohor dunia ini bahkan harus merelakan rumah.

Padahal, para selebritas ini sempat menjadi artis dengan bayaran tertinggi Hollywood.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓