Sukses

Detik-Detik Pagoda 16 Tingkat di China Habis Dilalap Api

Sebuah pagoda 16 tingkat dan ruang doa di sebuah kuil Buddha warisan Dinasti Ming di China terbakar habis pada 10 Desember 2017.

Liputan6.com, Mianzhu - Sebuah pagoda 16 tingkat dan ruang doa di sebuah kuil Buddha di China terbakar habis pada Minggu, 10 Desember 2017.

Menurut pernyataan pemerintah setempat yang disampaikan melalui Weibo, api yang berkobar di kompleks Lingguan Mansion, di Mianzhu, Provinsi Sichuan, China, itu berawal sekitar pukul 12.30.

Dikutip dari South China Morning Post, Senin (11/12/2017), api tersebut baru bisa dipadamkan empat jam kemudian. Namun, kala itu, bangunan tersebut telah hancur. Untungnya, tak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Dalam sejumlah video terlihat bahwa api yang melalap pagoda berkobar sangat besar. Asap hitam pun tampak membubung tinggi.

Berikut detik-detik terbakarnya pagoda 16 lantai di kompleks kuil di Sichuan, China:

Kuil Lingguan Mansion dibangun pada zaman  Dinasti Ming (1368-1644), tepatnya pada abad ke-16. Menurut surat kabar Chengdu Commercial Daily, kuil tersebut sempat hancur akibat gempa Bumi berkekuatan 8 skala Richter yang mengguncang Sichuan pada 2008.

Kuli tersebut akhirnya direstorasi, hingga akhirnya kebakaran kembali menghancurkan tempat ibadah itu.

Penyebab kebakaran kuil di China itu hingga kini belum diketahui dengan jelas dan penyelidikan pun hingga kini masih dilangsungkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Melanda Gedung Pencakar Langit Dubai

Pada April 2017, kebakaran hebat terjadi di gedung pencakar langit yang sedang dibangun dan berlokasi di dekat mal terbesar di Dubai. Asap hitam akibat peristiwa tersebut menutupi sebagian jantung kota itu.

Menurut kantor berita pemerintah Dubai, kebakaran terjadi di menara Address Residences Fountain Views. Petugas pemadam kebakaran pun telah dikerahkan untuk menjinakkan api.

Kebakaran dimulai sekitar pukul 06.30 waktu setempat. Api menjilat keluar dari bangunan saat pemadam kebakaran menyemprotkan air dari dalam.

Setiap beberapa menit, ledakan kecil dapat terdengar dari dalam bangunan yang diperkirakan berasal dari tank alat las yang digunakan pekerja. Atas kejadian tersebut, tak dilaporkan adanya korban jiwa.

Asap mengepul di lokasi konstruksi sebelah Dubai Mall, Uni Emirat Arab, Minggu (2/4). Kebakaran terjadi sekitar pukul 06.30 pagi waktu setempat. (AP Photo/ Anthea Ayache)

Dimuat Al Jazeera, Fountain Views adalah kompleks yang dibangun oleh pengembang asal Dubai, Emaar Properties, yang juga membangun mal dan hotel yang mengalami kebakaran pada 2015.

Properti yang sedang dibangun tersebut memiliki tiga menara yang masing-masing terdiri dari 60 lantai dan dijadwalkan akan selesai pada April 2018.

Dalam beberapa tahun terakhir, kebakaran besar terjadi di sejumlah gedung pencakar langit di Dubai dan sejumlah kota yang berkembang cepat di Uni Emirat Arab.

Sejumlah ahil bangunan dan keamanan menyebut, jenis material penutup bangunan yang populer digunakan sangat mudah terbakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China