Sukses

Pembangkit Listrik di India Meledak, 16 Orang Tewas

Sebanyak 16 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka setelah sebuah pembangkit listrik tenaga batu bara di India Utara meledak.

Liputan6.com, Uttar Pradesh - Sebuah pembangkit listrik tenaga batu bara di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, meledak. Ledakan tersebut menyebabkan sedikitnya 16 orang tewas dan sebanyak 100 lainnya luka-luka.

Dikutip dari BBC, (1/11/2017), Pihak National Thermal Power Corporation (NTPC) selaku pihak operator pabrik milik pemerintah mengatakan, sekitar 80 orang saat ini telah dilarikan ke rumah sakit milik perusahaan.

Sebanyak 10 orang lainnya yang mengalami cedera serius telah dikirim untuk dirawat di tempat lain.

NTPC juga mengungkapkan, terdengar sebuah suara ledakan serta gas dan uap yang keluar dari dalam bangunan sebelum terjadinya ledakan besar.

Kepala polisi negara bagian setempat, Anand Kumar, mengatakan, hasil temuan penyelidikan awal menunjukkan bahwa abu telah terkumpul di tungku yang ada di bawah boiler -- alat pemanas air.

"Tekanan telah terbentuk dari dalam sehingga menyebabkan ledakan," ungkap Kumar.

Kepala menteri Uttar Pradesh, Yogi Adityanath, telah menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang terkena dampak. Ia mengatakan bahwa keluarga korban tewas akan menerima kompensasi.

Kecelakaan di tempat kerja merupakan sebuah kejadian yang sudah lazim terjadi di India, di mana hal itu tercipta karena adanya standar keselamatan yang buruk di tengah peraturan yang longgar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bendungan di Kota Washington Meledak, 6 Luka-Luka

Selain di India, sebuah ledakan di pembangkit listrik pernah terjadi di Priest Rapids Dam di sepanjang Sungai Columbia, negara bagian Washington, pada 2015.

"Enam karyawan terluka dalam insiden tersebut," kata pihak berwenang seperti dilansir NBC News.

Belum ada rincian tentang kondisi korban yang dilaporkan karyawan bendungan di salah satu kota Washington tersebut.

"Ledakan diduga akibat terkait listrik. Dilaporkan terdengar dekat kota Mattawa di Grant County sekitar pukul 04.15 (07:15 ET)," kata juru bicara Grant County Public Utility District Grant County, Thomas Stredwick.

"Saat ini kami belum tahu itu adalah aksi kecurangan atau tindakan terorisme," lanjut dia, menurut Oregon Live yang dikutip dari RT News.

Menurut kantor Sherif Grant County, ledakan tidak mempengaruhi stabilitas bendungan. Tak ada yang membahayakan.

Pihak berwenang menyebutkan, semua yang terluka diangkut ke rumah sakit melalui ambulans atau helikopter.

Priest Rapids Dam adalah pembangkit listrik tenaga air, bendungan beton yang terletak antara Yakima Firing Range dan Reservation Hanford Nuclear.

Bendungan ini berada di pusat Washington, lebih dari 50 mil timur dari Yakima Firing Range and Reservation Hanford Nuclear.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini