Sukses

Inilah Tes IQ Terpendek Sedunia, Bisa Menjawab?

Kuis ini dirancang untuk menguji kemampuan seseorang untuk meredam asal tebak agar berpikir lebih pelan secara rasional.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah tes yang dikenal dengan Cognitive Reflection Test (CRT) disebut-sebut sebagai tes IQ terpendek sedunia. Walau singkat, perangkat uji itu diduga dapat membantu membaca kecerdasan seseorang.

Kuis itu diciptakan di Princeton oleh Shane Frederick pada 2005 dan dirancang untuk menguji kemampuan seseorang untuk meredam asal tebak, agar berpikir lebih pelan secara rasional.

Dalam istilah-istilah psikologi, kuis ini menguji seberapa baiknya kita dalam mengabaikan sistem pikir 1 (intuisi) untuk kemudian menggunakan sistem pikir 2 (analitik).

Agar bisa berhasil melakukan CRT, orang harus meluangkan waktu merenungkan jawaban dan mempertanyakan tanggapan intuitif kita, demikian seperti dikutip dari iflscience.com pada Selasa (17/10/2017).

Tentu saja, untuk membuktikan kejeniusan seseorang, kita harus menjawab benar pada tiga pertanyaan.

Tapi kecepatan juga penting karena jawaban yang lebih cepat juga merupakan salah satu pertanda IQ yang lebih tinggi.

Jadi seberapa cerdaskah Anda? Ingatlah bahwa pertanyaan-pertayaan ini tidak sesederhana yang kita kira semula.

Bahkan, dalam penelitian sebelumnya pada 2003, para mahasiswa dari beberapa universitas ternama sedunia (termasuk mahasiswa Yale University dan Harvard University) gagal menjawab 3 pertanyaan itu dengan benar.

Faktanya, hanya 17 persen penjawab yang mendapatkan angka sempurna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Pertanyaan Cognitive Reflection Test (CRT)

Berikut ini adalah kuis yang dimaksud:

1. Sebuah pemukul dan sebuah bola berharga total US$ 1,10. Harga pemukulnya lebih mahal US$ 1 dibandingkan bolanya. Berapakah harga bola tersebut?

2. Jika 5 mesin memerlukan waktu 5 menit untuk membuat 5 benda mungil, berapa lamakah waktu yang diperlukan oleh 100 mesin untuk membuat 100 benda mungil tersebut?

3. Di sebuah danau, ada kumpulan daun-daun teratai. Setiap hari, ukuran kumpulan daun itu menjadi 2 kali lebih besar. Jika diperlukan 48 hari agar kumpulan daun-daun teratai itu menutupi seluruh danau, berapa lama waktu yang diperlukan untuk menutupi setengah luas danaunya?

Bisa menjawabnya?

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.