Sukses

Aksi Jalan Kaki Jokowi ke HUT TNI Jadi Sorotan Media Asing

Aksi jalan kaki Jokowi menembus kemacetan untuk menghadiri peringatan HUT TNI ke-72 menjadi sorotan sejumlah media asing.

Liputan6.com, Cilegon - Aksi spontan Presiden Joko Widodo kembali mendapat sorotan. Kali ini pria yang akrab disapa Jokowi itu memilih jalan kaki sejauh 2 kilometer kala terjebak macet saat menuju tempat peringatan HUT ke-72 TNI.

Jokowi beserta iring-iringan berangkat dari penginapannya di kawasan Anyer. Namun, di tengah perjalanan menuju dermaga Pelabuhan Indah Kiat Merak, Cilegon, Banten, mereka terjebak macet.

Jokowi pun akhirnya memutuskan keluar dari mobil kepresidenan dan berjalan kaki menuju ke lokasi acara.

Warga yang melihat Jokowi pun berkerumun mencoba mendekati sambil memanggil-manggil nama orang nomor satu RI itu. Jokowi yang dikawal Paspampres, terlihat menyapa dan memberi senyum kepada warga.

Tak hanya disorot media lokal, sejumlah media asing pun turut menyorot aksi jalan kaki Jokowi itu.

Dengan judul "Jokowi shows how to escape a traffic jam - alight and walk", The Straits Times melaporkan bahwa kemacetan tak membuat Jokowi datang terlambat ke acara HUT ke-72 TNI. Media asal Singapura itu pun melaporkan, aksi jalan kaki itu mendapat pujian dari warga.

"Pemimpin Indonesia menuai pujian setelah sebuah video yang memperlihatkan ia berjalan sejauh 2 km menuju tempat peringatan militer menjadi viral," tulis The Straits Times.

Media Malaysia, The Star Online, menyoroti antusiasme warga saat melihat Jokowi turun dari mobil dan memilih jalan kaki.

"Dalam sejumlah video yang diunggah oleh warganet dan pejabat, warga menyambut hangat aksi itu, banyak dari mereka meneriakkan namanya 'Jokowi, Jokowi! Beberapa orang menjulurkan tangannya agar dapat bersalaman," tulis The Star Online.

Sementara itu, Asian Correspondent mengutip keterangan unggahan Jokowi, yang menyebut bahwa antusiasme warga untuk melihat peringatan HUT ke-72 TNI menyebabkan jalanan macet.

"Presiden Indonesia Joko 'Jokowi' Widodo berjalan sejauh 2 km menuju tempat parade militer setelah terjebak macet."

Dengan judul "Stuck in traffic jam, Indonesia President walks 2km in the sun", media asal Uni Emirat Arab, Khaleej Times, menyoroti kemacetan di Indonesia yang membuat Jokowi harus berjalan kaki.

"Kemacetan lalu lintas yang terkenal di Indonesia disorot dunia pada Kamis setelah presiden negara tersebut terpaksa berjalan dua kilometer di bawah panas terik untuk menghadiri parade militer."

Tuko, juga tak ketinggalan menyoroti aksi tersebut dengan judul "Gridlock! Indonesian president forced to walk 2km to official event because of heavy traffic jam". Media asal Kenya tersebut turut membandingkan kemacetan di Cilegon dengan ibu kota negaranya, Nairobi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.