Sukses

WNI di Meksiko Diminta Amankan Diri Pasca-Gempa

Sampai saat ini, lima orang dilaporkan tewas akibat gempa berkekuatan 8,1 Skala Richter yang mengguncang Meksiko.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa besar berkekuatan 8,1 Skala Richter mengguncang Meksiko. Sampai saat ini, lima orang dilaporkan tewas.

KBRI Mexico City bergerak cepat setelah gempa besar mengguncang negara tersebut. Peringatan agar meningkatkan kewaspadaan bagi WNI yang berada di negara itu dikeluarkan.

"KBRI Meksiko telah mengeluarkan imbauan kepada WNI untuk mengamankan diri dan menghubungi KBRI Meksiko apabila memerlukan bantuan," sebut Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, dalam keterangan pers kepada Liputan6.com pada Jumat (8/9/2017).

"Sejauh ini tidak ada laporan WNI menjadi korban. KBRI terus berkoordinasi dengan otoritas setempat," ujar dia.

Selain itu, dari penelusuran KBRI Meksiko diketahui tidak ada WNI yang menetap atau berada di dekat pusat gempa saat bencana tersebut terjadi.

"Berdasarkan catatan KBRI Meksiko, tidak terdapat WNI di negara bagian Chiapas. Jumlah total WNI di Meksiko 289 orang, 190 di antaranya berada di Mexico city," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Negara Keluarkan Peringatan Tsunami

Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS) melaporkan, pusat gempa berada di dekat Tres Picos di kedalaman 33 kilometer. "Orang-orang di Mexico City berlarian ke luar rumah," demikian diberitakan situs CNBC, Jumat (8/9/2017).

Gempa diperkirakan berpotensi memicu tsunami di sejumlah pantai di delapan negara, yakni Meksiko, Guatemala, El Salvador, Costa Rica, Nikaragua, Panama, Honduras, dan Ekuador.

Sejarah mencatat gempa besar juga pernah mengguncang Meksiko.

Pada 19 September 1985 sekitar pukul 07.19, gempa berkekuatan 8,1 SR melanda beberapa negara bagian di Meksiko dan Ciudad de México. Lindu dahsyat pagi itu menyebabkan kematian sedikitnya 10.000 orang dan kerusakan serius di Wilayah Kota Meksiko. Bencana ini diyakini sebagai gempa bumi terbesar Meksiko dengan jumlah korban tewas yang tak sedikit. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.