Sukses

Suami Ratu Denmark Divonis Menderita Demensia

Pangeran Henrik sempat membuat heboh setelah mengumumkan ke publik bahwa kelak ia tidak ingin dimakamkan di samping sang istri.

Liputan6.com, Kopenhagen - Pangeran Henrik (83), suami dari Ratu Denmark Margrethe, didiagnosis menderita demensia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh pihak istana.

Kabar itu muncul setelah beberapa saat lalu, Pangeran Henrik mengumumkan bahwa kelak ia tidak ingin dikuburkan di samping Ratu Margrethe. Pria itu mengatakan, ia tidak bahagia karena tidak pernah dianggap setara dengan Ratu Margrethe.

"Setelah proses diagnosis yang panjang dan serangkaian pemeriksaan selama musim panas lalu, tim spesialis pun menyimpulkan bahwa Yang Mulia Pangeran Henrik menderita demensia," demikian pernyataan istana, seperti dikutip dari News.com.au pada Kamis (7/9/2017).

"Tingkat kegagalan kognitif lebih besar dari yang dipertimbangkan mengingat usia pangeran," imbuh pernyataan tersebut.

Henrik, yang menikahi Margrethe pada 1967, pensiun dari tugas-tugas kerajaan tahun lalu. Tidak hanya itu, ia juga menanggalkan gelarnya sebagai Prince Consort atau pangeran pendamping ratu karena kecewa tidak dinobatkan sebagai King Consort atau raja pendamping ratu.

Sejak pensiun ia hanya tampil dalam beberapa acara resmi, dan selebihnya memilih menghabiskan sebagian besar waktunya di kebun anggur pribadinya di Prancis.

Di Denmark, seorang putri praktis akan menjadi ratu saat suaminya mengambil alih takhta. Namun, hal serupa tidak akan terjadi jika perannya dibalik.

Pengumuman bahwa ia tidak ingin dimakamkan di samping ratu membuat sosoknya menjadi pemberitaan utama.

"Istri saya tidak memberikan saya penghormatan layaknya yang harus dilakukan seorang istri terhadap suami. Dialah yang mempermalukan saya. Saya tidak menikahi seorang ratu untuk dimakamkan di Roskilde," ujar Pangeran Henrik dalam sebuah rekaman.

Pangeran Henrik lahir di Prancis pada 1934 dengan nama Henri Marie Jean Andre de Laborde de Monpezat. Pernikahannya dengan Ratu Margrethe dikaruniai dua anak, yakni Pangeran Frederik dan Pangeran Joachim.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.