Sukses

Rumah Bertingkat India Ambruk, 40 Warga Dikhawatirkan Tertimbun

Operasi pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan dengan bantuan penduduk setempat.

Liputan6.com, Mumbai - Sebuah bangunan perumahan bertingkat lima di daerah Bhendi Bazar di selatan Mumbai, India, ambruk pada Kamis, 31 Agustus 2017 waktu setempat. Pihak berwenang khawatir sekitar 40 orang terjebak di bawah reruntuhan.

Sejauh ini, delapan orang sudah diselamatkan dan telah dikirim ke Rumah Sakit JJ untuk perawatan. Satu orang yang dievakuasi dari puing-puing tewas di fasilitas kesehatan, demikian disampaikan pemadam kebakaran setempat kepada Press Trust of India.

"Unit manajemen bencana kami menerima telepon pukul 08.40 tentang bangunan runtuh. Kami segera mengirimkan petugas pemadam kebakaran ke lokasi untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak. Kami khawatir beberapa orang terjebak di bawah puing-puing," kata pejabat senior Municipal Corporation of Greater Mumbai (MCGM).

Operasi pencarian dan penyelamatan kini tengah dilakukan dengan bantuan penduduk setempat.

"Empat puluh orang diyakini terjebak di dalam dan 43 anggota tim sedang melakukan operasi penyelamatan," kata seorang pejabat untuk National Responsible Force Force (NDRF) India, seperti dikutip dari Hindustan Times, Kamis (31/8/2017).

Sejauh ini tak diketahui bahwa bangunan runtuh itu berada di daftar struktur berbahaya menurut Municipal Corporation of Greater Mumbai (MCGM), India.

Insiden tersebut terjadi dua hari setelah kota tersebut diguyur hujan lebat. Diduga, hal itu yang menjadi penyebab bangunan rusak.

Seorang pejabat polisi Mumbai mengatakan, daerah di dekat gedung tersebut telah ditutup. Petugas pemadam kebakaran dan staf medis tengah bekerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangunan Tempat Tinggal Runtuh

Sebelumnya, pada 25 Juli 2017, sebuah bangunan tingkat lima di Mumbai, India, ambruk. Akibatnya, setidaknya tiga orang tewas dan melukai sembilan lainnya.

Dikutip dari Washington Post, saat itu, sekitar 20 orang dikhawatirkan terjebak dalam reruntuhan tersebut.

Menurut Menteri Perumahan Rakyat Negara Bagian Maharashtrate, Prakash Mehta, tim penyelamat melakukan pencarian di reruntuhan bangunan untuk menemukan lebih banyak korban.

Bangunan ambruk di India sering terjadi. Permintaan tinggi dan lambannya peraturan mendorong beberapa pembangun mengambil jalan pintas. Mereka menggunakan bahan standar atau menambahkan lantai tambahan.

Pada 2013, sebuah bangunan yang dibangun secara ilegal di Mumbai runtuh. Peristiwa yang menjadi salah satu yang terburuk sepanjang sejarah India itu menewaskan 74 orang.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.