Kelelahan, Macan Sirkus Ini Serang Pelatih Saat Pertunjukan

Oleh Arie Mega Prastiwi pada 27 Agu 2017, 16:01 WIB
Diperbarui 27 Agu 2017, 16:01 WIB
Kelelahan, Macan Sirkus Ini Serang Pelatih Saat Pertunjukan
Perbesar
Kelelahan, Macan Sirkus Ini Serang Pelatih Saat Pertunjukan (screengrab video)

Liputan6.com, Liaoning - Pengunjung pertunjukkan sirkus di Liaoning, China dibuat kaget bukan kepalang. Pasalnya, di tengah pertunjukkan, seekor macansirkus mendadak beringas dan menyerang seorang pawang.

Insiden itu terjadi pada Sabtu pekan lalu di Liaohe Theatre, Yingkou.

Macan sirkus tersebut tiba-tiba tak mau mematuhi perintah sang pawang. Alih-alih, hewan itu menyerang dan menyeret orang tersebut.

Dikutip dari Asia One pada Minggu (27/8/2017), sebuah video berdurasi 10 detik memperlihatkan bagaimana sang pawang diterjang dan diseret oleh macan tersebut. Rekaman itu kemudian viral di dunia maya China pada akhir pekan lalu.

Dalam rekaman itu, dua pria lainya mencoba menyelamatkan sang pawang. Mereka terlihat memukuli si macan dengan tongkat kayu panjang.

Hewan itu akhirnya menyerah dan melepaskan terkamannya dari sang pawang.

Saksikan rekaman macan menerkam pelatihnya berikut ini:

Seorang pegawai sirkus yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan, pelatih itu hanya menderita luka gores dan kini dalam kondisi yang baik.

Pihak pengelola mengatakan, macan mereka berubah ganas akibat kelelahan. Mamalia tersebut rutin tampil sebanyak tiga kali per hari selama 10 hari berturut-turut.

Akibat peristiwa itu, kini pihak pengelola sirkus itu mengubah jadwal, agar sang macan hanya tampil dua kali sehari selama seminggu ini.

Macan dan sang pawang berada dalam kurungan selama pertunjukkan berlangsung. Namun, sang pawang hanya berjarak 2 meter dari penonton yang duduk di kursi depan.

Macan itu berusia delapan tahun dengan bobot 240 kg.

Sejumlah hewan seperti singa, beruang, anjing dan monyet turut serta dalam pertunjukan sirkus China itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kekerasan Hewan Sirkus di China

Semenjak video itu viral, banyak respons dari media sosial China, Weibo. Mayoritas mengutuk kekerasan yang dilakukan pengelola terhadap para hewan sirkus.

Mereka meminta agar hewan tak lagi ditampilkan dalam acara seperti itu.

Para warganet juga tak menunjukkan simpati kepada sang pawang yang terluka. Salah satu akun di Weibo percaya, hewan itu melukai sang pawang karena pihak pengelola sirkus telah mencopot kuku dan taring macan tersebut.

Ini adalah insiden hewan sirkus terbaru di China.

Awal tahun ini, sirkus di Hunan dihujat setelah mengikat harimau Siberia sehingga pengunjung bisa duduk di atasnya dan berpose untuk foto.

Kebun binatang lain di Hangzhou diperintahkan untuk menunda semua pertunjukan hewan setelah klip video penanganan kasar harimau putih beredar viral.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya