Sukses

3 Wanita Ledakkan Diri di Nigeria, 27 Orang Tewas

Beberapa pejabat menyebut puluhan warga terluka saat para wanita meledakkan diri di luar sebuah kamp pengungsi di Nigeria.

Liputan6.com, Maiduguri - Insiden ledakan bom kembali terjadi. Tiga wanita pengebom bunuh diri dilaporkan meledakkan diri dan menewaskan setidaknya 27 orang di timur laut Nigeria.

Beberapa pejabat menyebut puluhan warga lainnya terluka saat para wanita meledakkan diri di luar sebuah kamp pengungsi dekat Maiduguri, di negara bagian Borno -- daerah yang dikuasai kelompok militan Boko Haram.

Baba Kura, anggota pasukan mandiri yang dibentuk untuk memerangi para militan, mengatakan pada Selasa, 15 Agustus bahwa pengebom pertama meledakkan diri di dekat kamp dan ​memicu kepanikan.

"Tak lama kemudian, dua wanita pengebom lainnya meledakkan diri ketika orang-orang tengah menutup toko. Aksinya menyebabkan sebagian besar korban di sana tewas," jelas Baba Kura seperti dikutip dari BBC, Rabu (16/8/2017).

Telah terjadi peningkatan kekerasan di kota dalam beberapa bulan terakhir. Diduga ini dilakukan kelompok Boko Haram yang menyatakan akan mendirikan sebuah negara Islam sejak 2009.

Tahun lalu, pemerintah Nigeria mengatakan bahwa Boko Haram telah dikalahkan. Namun, koresponden di sana mengatakan bahwa tentara gagal menghentikan serangan tersebut, dan orang-orang terus meninggalkan rumah mereka di Borno dan tinggal di kamp-kamp pengungsian.

Selama 7 tahun Boko Haram meneror Nigeria dan negara-negara tetangganya. Mereka telah membunuh lebih dari 20 ribu orang dan membuat 2,5 juta penduduk kehilangan tempat tinggal.

Kelompok itu telah menculik ribuan orang serta membuat mereka jadi pengebom bunuh diri. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak dan perempuan. Ahli bom mengatakan peledak itu dikendalikan dari jauh. 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.