32 Gerbong Isi Bahan Berbahaya Tergelincir, 1 Kota Dievakuasi

Oleh Tanti Yulianingsih pada 03 Agu 2017, 15:41 WIB
Diperbarui 03 Agu 2017, 15:41 WIB
Kereta tergelincir di Hyndman, Pennsylvania, AS. (AP)
Perbesar
Kereta tergelincir di Hyndman, Pennsylvania, AS. (AP)

Liputan6.com, Pennsylvania - Kecelakaan kereta terjadi di sebuah kota kecil di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) pada Rabu 2 Agustus 2017 waktu setempat. Sekitar tiga lusin gerbong sepur yang membawa bahan berbahaya tergelincir dari jalurnya.

Hal itu memicu kebakaran beberapa gerbong dan sebuah garasi, lalu memaksa petugas darurat mengevakuasi seluruh kota. Sejauh ini tak ada laporan korban jiwa.

"Sedikitnya 32 gerbong di kereta kargo CSX tergelincir sekitar pukul 05.00 pagi di Hyndman, sekitar 100 mil (161 kilometer) tenggara Pittsburgh," kata juru bicara CSX Rob Doolittle seperti dikutip dari AP, Kamis (3/8/2017).

"Kereta itu sedang melakukan perjalanan dari Chicago ke Selkirk, New York," kata pihak berwenang lainnya.

"Setidaknya satu gerbong berisi petroleum gas cair dan satu lagi yang mengandung belerang cair, bocor dan terbakar," papar Doolittle.

"Sebuah garasi perumahan di dekatnya terbakar saat kereta tergelincir," kata beberapa pejabat.

Sejauh ini tak diketahui apa yang menyebabkan kereta tergelincir dari rel. Kobaran api dilaporkan terus membara selama beberapa jam.

Satu-satunya kebakaran struktur bangunan yang dikonfirmasi terjadi di garasi sebuah rumah, tapi video dari tempat kejadian sepertinya menunjukkan kerusakan yang lebih luas.

Berdasarkan rekaman pantauan udara dari lokasi kereta kargo tergelincir tersebut, sejumlah gerbong terlihat saling bertumpuk dengan pola tegak lurus. Sementara yang berada pada pola zig-zag terbakar di area perumahan yang beberapa di antaranya tampak hancur dan terbakar.

Salah satu penduduk Hyndman, Jim Shaffer mengatakan kepada The Cumberland Times-News bahwa dia terbangun akibat suara tabrakan gerbong kereta.

"Suara benturannya membangunkan saya. Lebih keras dari badai," kata Shaffer."Kudengar gerbong itu saling membentur. Lalu aku mendengar suara sirine pemadam kebakaran."

Koordinator Bedford County 911, Harry Corley mengatakan bahwa para pejabat memerintahkan semua orang dalam radius 1 mil dari lokasi kereta tergelincir untuk meninggalkan lokasi dalam beberapa jam. Perintah tersebut mencakup seluruh kota Hyndman.

Penduduk diarahkan ke gereja setempat untuk meminta bantuan penginapan dan makanan.

Gubernur Demokrat, Tom Wolf, dalam sebuah wawancara telepon dari pusat evakuasi mengatakan, beberapa penduduk menolak meninggalkan rumah mereka.

"Tapi semua orang tahu di mana mereka berada dan saat ini dalam kondisi aman."

Hanya beberapa orang yang berada di gereja, karena kebanyakan pengungsi memilih pergi ke hotel atau rumah teman dan saudara," kata Wolf.

Wolf menuturkan bahwa para pejabat sedang melakukan penelitian di udara dan darat, untuk menentukan kemungkinan dampak kesehatan akibat zat berbahaya yang menguap.

"Meski banyak ketidakpastian, semua orang berharap dan berdoa yang terbaik."

Akibat peristiwa kereta tergelincir tersebut, sejumlah jalan juga ditutup. Sementara beberapa pembatasan penerbangan kabarnya juga diberlakukan.

Amtrak juga menghentikan layanan kereta api antara Pittsburgh dan Washington, D.C., yang menyediakan bus untuk membawa penumpang di antara kedua stasiun tersebut.

"CSX meminta maaf atas dampak kejadian ini terhadap penduduk Hyndman," kata Doolittle.

Hyndman adalah kota yang terdiri dari 800 penduduk di dekat perbatasan Maryland.

"Prioritas utama CSX adalah bekerja sama dengan responden pertama dan pejabat lainnya untuk melindungi keselamatan publik. Personel CSX berada di lokasi kejadian untuk memberikan bantuan dan informasi tentang isi kereta api dan tanggapan para ahli terkait insiden tersebut," jelas Doolittle.

Saksikan juga video berikut ini: