Sukses

NASA Cari Sosok Pelindung Bumi dari Alien dengan Gaji Rp 2,5 M

NASA membuka lowongan pekerjaan bagi siapa saja yang berminat menjadi sosok yang mampu mempertahankan Bumi dari kontaminasi alien.

Liputan6.com, Washington D.C - Apakah Anda berminat bergabung dengan keluarga besar Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA? Jika iya, baru-baru ini, pihak NASA membuka lowongan pekerjaan bagi siapa saja yang berminat menjadi sosok yang mampu mempertahankan Bumi dari kontaminasi makhluk luar angkasa atau alien.

Dilansir dari laman Independent, Kamis (3/8/2017), posisi pekerjaan itu disebut sebagai 'petugas pelindung planet'. Salah satu tanggung jawabnya adalah memastikan tak ada makhluk dari luar angkasa yang mencemari Bumi dan Bulan.

Selain itu, para petugas pelindung planet ini harus memastikan tak ada materi-materi asing yang berpotensi menginfeksi Bumi.

Gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan. NASA memberi Rp 2,5 miliar per tahun -- belum ditambah tunjangan.

Sebuah tampilan iklan lowongan pekerjaan itu pun jadi sorotan.

"Para petugas pelindung planet dituntut untuk memastikan tak ada konstituen organik dan kontaminasi biologis yang berasal dari manusia dan wahana eksplorasi angkasa," tulis NASA dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut.

Pekerjaan ini ditawarkan dengan masa kontrak selama tiga tahun dan dapat diperpanjang menjadi lima tahun. Kebijakan ini dibuat setelah Amerika Serikat meneken Kesepakatan Angkasa Luar pada tahun 1967.

Ternyata, tak hanya Amerika Serikat yang memiliki posisi pekerjaan semacam ini. Ada satu tempat lain di dunia yang menawarkan posisi pekerjaan semacam ini yaitu Badan Angkasa Luar Eropa.

Hal tersebut disampaikan oleh Catherine Conley, petugas pelindung planet NASA yang bertugas hingga tahun 2014 -- sebelum akhirnya dipindahkan ke Badan Jaminan Keselamatan Misi NASA.

Berdasarkan kesepakatan tahun 1967, setiap misi menuju angkasa luar harus memiliki kurang dari satu per 10 ribu peluang kontaminasi benda asing dari luar angkasa. Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Conley.

Para petugas pelindung planet harus memastikan, robot atau wahana antariksa yang bertugas mengambil gambar dan melintasi sebuah planet harus aman dan tak terkontaminasi oleh hal-hal yang berbahaya.

Apabila terpilih menjadi petugas pelindung bumi, salah satu tugas awal yang akan diberikan yaitu melindungi Bumi dari potensi kontaminasi berbahaya. Sebagai contoh, kontaminasi dari planet Mars.

Petugas pelindung Bumi ini kemungkinan besar akan menjadi bagian dari misi NASA ke Eropa, salah satu misinya akan membawa mereka ke planet Jupiter.

Persyaratan Menjadi Petugas Pelindung Planet

Para kandidat yang berminat menjadi petugas pelindung planet harus memiliki pengalaman minimal satu tahun sebagai pegawai negeri. Tak hanya itu, pengetahuan tentang ilmu fisika juga dituntut.

Selain fisika, para kandidat harus menguasai penerapan ilmu matematika, ilmu teknik serta punya pengetahuan mendalam tentang cara bagaimana melindungi planet.

Kemampuan berdiplomasi jika menghadapi permasalahan sulit juga dituntut dalam hal ini. Namun sayang, lowongan ini hanya untuk warga negara Amerika Serikat.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.