Patung Penjaga Kuno dari Abad ke-12 Ditemukan di Angkor Wat

Oleh Tanti Yulianingsih pada 02 Agu 2017, 07:21 WIB
Diperbarui 02 Agu 2017, 07:21 WIB
Patung kuno yang ditemukan di Angkor Wat Kamboja. (AFP)

Liputan6.com, Phnom Penh - Arkeolog di kompleks kuil yang terkenal di Kamboja, Angkor Wat menemukan sebuah patung besar kuno. Temuan tersebut diyakini berasal dari Abad ke-12.

"Patung batu pasir setinggi 2 meter itu kemungkinan difungsikan sebagai penjaga yang berdiri di pintu masuk rumah sakit kuno kala itu," kata peneliti seperti dikutip dari BBC, Selasa (1/8/2017).

Menurut Cambodia Daily, patung yang ditemukan pada Sabtu 29 Juli lalu itu "seperti penemuan yang hanya terjadi di film-film".

Arkeolog menemukan patung itu terkubur sedalam 40 cm di bawah tanah, ketika menggali sebuah rumah sakit kuno yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Jayavarman VII yang memerintah dari 1181 sampai sekitar 1220.

Lengan dan kaki patung itu dalam kondisi patah, tapi ukiran di tubuh dan kepalanya masih bisa dilihat dengan jelas.

Raja Jayavarman VII memang dikenal memiliki reputasi kerap menjalankan program-program sosial, dengan kegiatan di rumah sakit menjadi salah satu yang paling menonjol.

Para ahli berharap mereka bisa menemukan benda-benda lain di lokasi tersebut, sehingga informasi lebih banyak terkait gaya hidup masyarakat zaman itu bisa diketahui.

Sejarawan Rethy Chhem mengatakan kepada Cambodia Daily bahwa rumah sakit tersebut adalah satu dari empat bangunan yang ada di daerah tersebut -- yang semuanya belum diekskavasi dengan benar.

Setiap rumah sakit berisi berbagai patung dewa, dan yang paling berharga adalah patung Medicine Buddha.

"Kami akan amat senang jika menemukan patung Buddha itu," kata Dr Chhem.

Sebagian besar patung Buddha hancur selama masa pemerintahan Jayavarman -- saat Brahmanisme kembali diperkenalkan pada era itu. Yang tidak rusak dijarah, walaupun mungkin beberapa di antaranya dikubur sehingga bisa dilestarikan.

Angkor Wat adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Asia Tenggara. Tahun lalu kompleks -- yang dibangun pada periode berbeda dari kerajaan Khmer dari abad kesembilan sampai abad ke-15 -- menarik sekitar 2,5 juta pengunjung.

Kendati demikian banyak benda-benda berharga di sana dijarah.

Para ahli mengatakan itulah sebabnya penemuan terbaru sangat luar biasa, dan merupakan patung terpenting yang pernah ditemukan di Angkor Wat dalam beberapa tahun terakhir.

Saksikan juga video menarik berikut ini: