Boko Haram Kembali Serang Nigeria, 40 Orang Tewas

Oleh Tanti Yulianingsih pada 28 Jul 2017, 06:54 WIB
Diperbarui 28 Jul 2017, 06:54 WIB
Militer Nigeria yang melawan kelompok Boko Haram. (AFP)
Perbesar
Militer Nigeria yang melawan kelompok Boko Haram. (AFP)

Liputan6.com, Maiduguri - Kelompok militan Boko Haram kembali beraksi di Nigeria. Lebih dari 40 orang tewas dalam upaya membebaskan orang-orang saat serangan tersebut, demikian disampaikan seorang sumber kepada BBC.

"Setidaknya lima anggota tim eksplorasi minyak tewas," kata seorang juru bicara Universitas Maiduguri seperti dikutip dari BBC, Jumat (28/7/2017).

Tentara dan beberapa orang lain termasuk di antara korban tewas dalam penyergapan tersebut.

Rincian tentang insiden yang terjadi pada Selasa 25 Juli 2017 waktu setempat -- dan baru dipublikasikan -- itu masih belum jelas. Laporan awal dari tentara mengabarkan bahwa ahli geologi dan surveyor dari Universitas Maiduguri yang menjadi korban penculikan telah diselamatkan.

Lalu juga dilaporkan bahwa ada 9 jasad tentara Nigeria dan seorang warga sipil ditemukan.

Sementara pihak universitas tersebut mengatakan setidaknya lima staf termasuk dua akademisi dan sopir tewas, ketika konvoi bersenjata tersebut kembali ke Maiduguri, di timur laut Nigeria. Beberapa lainnya dilaporkan masih hilang.

"Kami diberitahu bahwa ada staf kami yang diselamatkan, karena itulah yang dikatakan juru bicara militer kemarin," kata juru bicara Universitas Maiduguri, Dani Mamman.

"Tapi kami kaget saat diberikan empat jenazah. Itu berarti bukan penyelamatan. Kami masih punya staf lain yang belum diselamatkan."

Menurut sumber yang memberikan informasi kepada BBC, lebih dari 40 orang -- mayoritas tentara dan relawan dari kelompok masyarakat -- terbunuh. Lainnya menyebut bahwa jumlah korban bisa bertambah.

"Korban tewas bisa terus meningkat," kata seorang sumber. "Masih banyak jenazah yang dilaporkan dievakuasi."

Sedikitnya 20.000 orang tewas dan ribuan lainnya diculik sejak Boko Haram melancarkan pemberontakannya pada 2009.

Sebelumnya Boko Haram pernah menculik 276 anak perempuan dari sebuah sekolah asrama di Kota Chibok pada 2014. Sekitar 100 gadis berhasil dibebaskan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya