Sukses

Misteri Gajah Berenang ke Tengah Laut di Sri Lanka, Fenomena Apa?

Selang dua pekan, Angkatan Laut Sri Lanka kembali menemukan gajah berenang ke tengah lautan. Fenomena apakah yang terjadi?

Liputan6.com, Colombo - Angkatan Laut Sri Lanka kembali menyelamatkan dua gajah muda yang berenang ke tengah laut. Mamalia itu berhasil diselamatkan petugas sebelum tenggelam pada Minggu, 23 Juli 2017.

Pihak angkatan laut Sri Lanka mengatakan mereka melakukan upaya besar yang melibatkan penyelam, tali, dan armada kapal untuk menarik sepasang gajah ke perairan dangkal menuju daratan.

Foto-foto yang beredar menunjukkan gajah-gajah itu kepayahan. Belalai mereka hampir tak terlihat di atas air laut dalam sekitar 1 km di lepas pantai Sri Lanka.

"Setelah dengan aman memandu dua gajah ke pantai, mereka kemudian dilepaskan ke Hutan Foul Point (di Distrik Trincomalee)," kata angkatan laut dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Channel News Asia, Senin (24/7/2017).

"Mereka sangat beruntung terlihat oleh sebuah kapal patroli yang memanggil beberapa unit lain untuk membantu penyelamatan tersebut."

Insiden gajah berenang ke tengah laut merupakan yang kedua terjadi di wilayah tersebut. Sekitar dua pekan lalu, angkatan laut Sri Lanka juga melakukan operasi serupa di sana.

Mereka menyelamatkan seekor gajah yang entah bagaimana berenang sejauh 8 km dari pantai Sri Lanka ke perairan dalam Samudra Hindia.

Pejabat angkatan laut Sri Lanka mengatakan bahwa hewan-hewan tersebut kemungkinan terseret gelombang saat melintasi laguna dangkal di wilayah tersebut.

Mereka bukan satu-satunya satwa liar yang kerap menghadapi masalah di pulau keanekaragaman hayati di Sri Lanka. Hewan lainnya adalah paus.

Pada Mei lalu, 20 paus pilot terdampar di Trincomalee--pelabuhan alami yang populer untuk pengamatan paus. Paus-paus itu diselamatkan oleh angkatan laut dan penduduk setempat.

Perairan sekitar Trincomalee dikenal memiliki banyak populasi paus biru, sementara hutan di sekitarnya dihuni kawanan gajah liar.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.