Video Kebakaran Dahsyat Pabrik Daur Ulang di Melbourne

Oleh Tanti Yulianingsih pada 14 Jul 2017, 11:11 WIB
Diperbarui 14 Jul 2017, 11:11 WIB
Kebakaran di pabrik daur ulang Melbourne. (Courtesy Seven News)
Perbesar
Kebakaran di pabrik daur ulang Melbourne. (Courtesy Seven News)

Liputan6.com, Melbourne - Dahsyatnya kebakaran di pabrik daur ulang Melbourne, Australia memicu evakuasi warga yang tinggal di sekitarnya. Sebab asap beracun yang menyelimuti daerah pinggiran kota itu.

TheAge.com.au yang dikutip Jumat (14/7/2017) melaporkan, penghuni lebih dari 115 rumah di sekitar lokasi kebakaran terpaksa dievakuasi.

Kebakaran tersebut terjadi di pabrik Coolaroo SKM Recycling pada Kamis 13 Juni pagi, setelah petugas pemadam memadamkan api yang lebih kecil di lokasi pada Rabu 12 Juli 2017 malam waktu setempat.

Layanan darurat kemudian mengeluarkan peringatan evakuasi untuk wilayah pinggiran Melbourne tepatnya suburban Dallas pada Kamis malam pukul 20.30, dengan tingkat kualitas udara yang sangat buruk terdeteksi oleh Otoritas Perlindungan Lingkungan.

Masyarakat di sekitar lokasi kebakaran juga diminta untuk mengumpulkan obat-obatan pribadi, hewan peliharaan dan barang-barang berharga serta mengunci rumah dengan aman sebelum pergi.

Layanan darurat akan memberikan informasi lebih lanjut. Jika warga tak ingin pergi, mereka harus menghubungi 9205 2670 untuk mendaftarkan diri.

Staf pabrik dan lokasi bisnis terdekat juga dievakuasi akibat kebakaran dahsyat tersebut. Sejauh ini pusat bantuan masyarakat sudah didirikan di Broadmeadows, setelah asap beracun menyelimuti bagian utara Melbourne.

"Bisa sampai tiga hari untuk memadamkan api sepenuhnya," ucap wakil kepala staf Metropolitan Fire Brigade (MFB) Ken Brown kepada 3AW.

"Apa yang kami coba lakukan selama 24 jam ke depan adalah mencoba mengurangi asap... kemudian memadamkan api sepenuhnya," imbuh Brown.

Brown menuturkan, pabrik tersebut sudah empat kali terbakar dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya terjadi pada Februari, Juni dan Rabu malam lalu.

Menurut informasi Brown, petugas pemadam kebakaran bekerja sama dengan dewan dan pemilik bisnis untuk mencari tahu penyebab kebakaran dan bagaimana cara memadamkannya.

"Banyak material campuran kardus, kertas dan plastik yang digiling menjadi potongan-potongan untuk proses daur ulang. Mereka terbakar dengan cepat, sangat sulit untuk dipadamkan," tutur Clarissa Garrow, yang bekerja di seberang jalan lokasi kebakaran. "Kebakaran itu besar".

"Tidak ada yang bisa masuk dan tidak ada yang bisa keluar," katanya sebelumnya kepada AAP. "Abu dan potongan kertas berterbangan... Api itu diperkirakan berkobar dari tumpukan bahan daur ulang di luar pabrik Maffra Street sesaat sebelum pukul 09.00".

Berikut ini rekaman kebakaran dahsyat pabrik daur ulang di Melbourne tersebut: