Sukses

Bukan 'Kura-Kura Ninja', 7 Hewan Ini Ternyata Berkekuatan Super

Tak hanya tokoh superhero, beberapa hewan di sekitar kita juga memiliki kemampuan luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Abad ke-20 banyak tokoh berkekuatan super yang dijadikan tontonan bagi anak-anak, misalnya Ksatria Baja Hitam atau Kura-Kura Ninja -- yang terinspirasi dari binatang.

Cerita manusia super itu melegenda, melekat di ingatan anak-anak hingga dewasa. Kisah pahlawan yang pemberani, menumpas kejahatan dan menghentikan pertikaian sangat menginspirasi.

Kehadirannya yang fiktif dibuat seolah-olah ada sehingga banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi sosok serupa.

Tapi tahukah Anda jika terdapat beberapa hewan di sekitar kita yang selama ini dianggap biasa namun memiliki kekuatan super ?

Hewan-hewan ini bisa mengangkat beban luar bisa, menghilang seperti tokoh superhero dan mengendap-endap agar tak terlihat keberadaannya.

Seperti dikutip dari laman Ranker.com, Rabu (12/7/2017), berikut 7 hewan yang memiliki kekuatan luar biasa seperti tokoh superhero:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Gurita

Mimik gurita bisa dibilang menyeramkan, jangankan untuk mendekat melihatnya saja sudah takut. Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala).

Gurita dapat bersembunyi dan menjadikan dirinya seperi benda yang berada di sekitarnya (AFP)

Gurita memiliki 8 lengan dengan alat penghisap berupa bulatan-bulatan cekung pada lengan yang digunakan untuk bergerak di dasar laut dan menangkap mangsa.

Meski memiliki bentuk yang menyeramkan dan kerap dikaitkan dengan tokoh jahat dalam film Little Mermaid, ternyata hewan menjadi salah satu makhluk hidup yang paling mahir dalam bersembunyi dari predatornya.

Ia sangat cerdas, kemampuannya dalam beradaptasi di dasar lautan kerap mengecohkan predatornya atau bahkan mangsanya.

3 dari 8 halaman

2. Ubur-Ubur

Pernahkah Anda melihat seorang manusia super dalam sebuah film yang meninggal karena diserang lawan? Walaupun ada, pasti sosok pembela kebenaran itu akan kembali lahir dan melakukan tugasnya.

Ubur-ubur dapat hidup kembali dan beranak pinak meski tak melewati proses seksual (AFP)

Sama halnya seperti seekor ubur-ubur. Binatang laut tak bertulang belakang ini umumnya berukuran 2 sampai 40 cm dan memiliki kemampuan unik, yaitu mampu melakukan regenerasi sendiri.

Ubur-ubur memiliki kemampuan untuk bereproduksi secara aseksual -- reproduksi yang tidak melibatkan kegiatan seksual.

Selama 25 tahun, banyak ilmuwan yang meneliti cara reproduksi mereka. Hingga akhirnya mereka menarik kesimpulan bahwa hewan ini tak pernah mati dan mampu terlahir kembali kapanpun mereka mau.

4 dari 8 halaman

3. Kambing Ibex Alpine

Kambing Ibex Alpine kebanyakan berpopulasi di wilayah pegunungan bebatuan (AFP)

Jika Anda pernah menonton serial Kura-Kura Ninja pasti akan tahu kemampuan empat bersaudara tersebut. Tempurungnya yang sangat kuat dapat menghantam tubuh lawan yang mereka nilai sebagai pelaku kejahatan.

Sama halnya dengan kambing ibex alphine. Mereka masuk dalam kategori kambing liar yang hidup di kawasan bebatuan. Hewan ini terkenal akan kemampuannya dalam menabrakkan diri ke dinding. Tak hanya itu, memanjat tebing dengan ketinggian di atas rata-rata dengan kemiringan dapat mereka lakukan.

Hewan ini sangat aktif, cara hidupnya berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain.

5 dari 8 halaman

4. Sotong

Sotong dapat membuat tubuhnya tak terlihat dengan perubahan warna kulit yang menjadi transparan (AFP)

Kehebatan dari hewan ini adalah mampu membuat dirinya tak terlihat. Sama halnya seperti tokoh Sue Storm pada film Fantastic Four. Kemampuan tersebut kerap ia lakukan ketika ada predator yang dapat mengancam keselamatannya.

Sotong dapat ditemukan di hampir semua perairan yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Sotong juga merupakan makanan sejenis seafood.

6 dari 8 halaman

5. Platipus

Platipus adalah hewan semi-akuatik yang banyak ditemui di bagian timur benua Australia. Meskipun platipus bertelur, ia masih tergolong dalam kelas mamalia, sebab ia menyusui anaknya.

Platipus atau yang lebih dikenal dengan bebek berparuh dapat mendeteksi mangsanya meski diruangan gelap (AFP)

Platipus yang juga dikenal dengan nama duck billed platypus. Terkadang mereka juga dikenal dengan sebutan bebek berparuh karena bentuk paruhnya yang menyerupai bebek.

Kemampuan dari hewan ini dapat mendeteksi mangsa dengan merasakan sebuah medan listrik yang dihasilkan dari gerakan otot.

Jika seekor platipus berada di dalam ruangan gelap dengan mata tertutup dan telinga tersumbat, maka ia masih dapat mendeteksi mangsanya. Tak hanya dibekali oleh kemampuan tersebut, platipus juga memiliki cakar yang sangat tajam serta racun pada tumitnya. Tendangan mereka pun juga dikenal sangat berbahaya.

7 dari 8 halaman

6. Burung Kolibri

Burung Kolibri dikenal sebagai penerbang tercepat, peneliti mengklaim jarak tempuhnya 27 meter per detik (AFP)

Kolibri adalah salah satu jenis unggas yang masuk dalam keluarga Trochilidae. Mereka adalah jenis burung kecil yang kebanyakan berukuran 7,5 sampai 13 cm. Jenis burung kolibri dikenal akan suara dengungan yang berasal dari kepakan sayap yang mereka bentangkan.

Jika Anda lihat, burung ini sama sekali tak spesial. Dari tampilan kecilnya saja sudah membuat kita tak tertarik. Namun siapa sangka, kolibri adalah penerbang yang handal.

Kemampuan yang mereka miliki pun sangat menakjubkan. Sebab, para ilmuan mengklaim jika burung ini adalah penerbang tercepat. Peneliti mencatat, mereka dapat terbang dengan jarak tempuh 27,3 meter per detik.

8 dari 8 halaman

7. Ikan Pemanah

Ikan pemanah dapat menembakan air kepada mangsanya yang ada di daratan dalam tembakan yang akurat (AFP)

Ada banyak jenis ikan muka di muka Bumi. Namun tak semuanya yang memiliki kemampuan spesial. Beberapa diantaranya adalah ikan salmon yang memiliki kemampuan memanjat air terjun.

Tak hanya ikan salmon yang memiliki kemampuan spesial. Terdapat ikan lainnya yaitu ikan pemanah (Sniper fish). Ikan jenis ini dikenal sebagai penembak jitu dari dalam air. Ikan pemanah ini menembakkan jet air langsung dari mulut mereka dengan akurasi yang sangat luar biasa. Mereka memampatkan penutup insang mereka dan mulai menembakkan air seperti laras senjata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.