Sukses

Rekaman Aksi Heroik Saat Sopir Crane Selamatkan Korban Kebakaran

Berikut rekaman detik-detik saat si sopir crane menyelamatkan nyawa seseorang yang terjebak kebakaran di sebuah gedung.

Liputan6.com, Copenhagen - Seorang sopir crane berhasil menyelamatkan seorang pria dari lantai enam blok apartemen yang terbakar di Denmark. Momen itu terjadi saat api berkobar besar di gedung tersebut.

Seperti diberitakan News.com.au, Senin (10/7/2017), pria itu adalah salah satu dari dua pedagang yang sedang bekerja di atap saat api tengah berkobar dan menyebar dengan cepat di salah satu lantai atas apartemen.

Sopir crane, John Pederson, mengatakan kepada media lokal bahwa dia awalnya melompat keluar dari crane, karena asap membuatnya terlalu sulit untuk melihat. Namun, secara naluriah dia masuk kembali saat melihat seorang pria terjebak di bagian atas gedung.

Dalam rekaman video kebakaran yang tersebar, terlihat pekerja konstruksi lainnya mencoba menyelamatkan pria tersebut dengan cherry picker--sebuah derek hidrolik yang bisa dinaiki seseorang untuk menjangkau tempat tinggi, tetapi ternyata tak sampai menjangkau korban.

Pederson kemudian menaiki mesin crane dan menggerakkannya ke samping bangunan, memperpanjang lengan crane sampai ke atap, di mana orang itu tengah melindungi diri dari panas kobaran api dengan sebuah papan.

"Saya hanya berpikir dia harus turun. Jika tidak, dia akan terbakar. Dan crane adalah satu-satunya alat yang bisa kami gunakan saat itu," kata Pederson dalam sebuah wawancara yang diterjemahkan dari bahasa Denmark.

Tak lama kemudian, si pria yang berada di atap berhasil meraih dua rantai besi pada crane. Ia kemudian berpegangan dan berayun menjauh dari kobaran api.

Rekan-rekan yang lainnya tegang melihat proses evakuasi saat korban keluar dari asap hitam tebal dan perlahan-lahan diturunkan ke tanah. Beberapa orang kemudian terlihat membantunya berjalan ke tempat yang aman.

Pria lain yang bekerja di atap berhasil melompat ke lantai bawah dan melarikan diri saat bangunan itu terbakar. Keduanya dibawa ke rumah sakit dengan luka bakar di wajah dan tangan.

Berikut rekaman detik-detik saat pria terjebak kebakaran diselamatkan dengan crane:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.