Sukses

Mantan Bintang Gulat Menangi Pilpres Mongolia

Seorang pebisnis yang juga atlet bela diri, Khaltmaa Battulga memastikan diri menjadi presiden baru di Mongolia.

Liputan6.com, Ulaanbaatar - Seorang pebisnis yang juga atlet bela diri, Khaltmaa Battulga memastikan diri menjadi presiden baru di Mongolia. Battulga menang tipis dalam pemilihan umum di negara yang terletak di Asia Timur tersebut.

Keterangan komisi pemilihan umum Mongolia, Battulga berhasil meraih 50,7 persen suara. Sampai saat ini sudah 87 persen suara yang dihitung.

Sementara itu, pesaing terdekat Battulga, Mieygombo Enkhbold mendapat suara sekitar 41 persen.

Battulga, yang berusia 54 tahun ini merupakan kandidat dari oposisi, yakni Partai Demokrat. Ia dikenal sebagai pengusaha real estate dan juga pernah jadi bintang gulat di Mongolia.

"Mongolia telah menang," sebut Battulga sesaat setelah mengetahui hasil pemilu, seperti dikutip dari BBC, Minggu (9/7/2017).

"Saya akan langsung bekerja untuk memperbaiki kesulitan ekonomi dan membuat Mongolia bebas dari hutang seperti yang pernah saya janjikan," ucap Battulga.

Selain berjanji membebaskan Mongolia dari hutang, Battulga juga ingin agar sektor pertambangan dapat bangkit lagi.

Pada 2011, dikarenakan perkembangan di sektor pertambangan, Mongolia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat dunia. GDP Mongolia pun meningkat sebanyak 17, persen.

Namun, tahun lalu Mongolia mengalami kesulitan besar. Anjloknya harga komoditas tambang jadi penyebabnya.

Jalan Battulga untuk memerintah dengan sukses dan memenuhi janjinya, dinilai tidak akan mudah. Pasalnya, parlemen Mongolia dikuasai lawan politiknya dari Partai Rakyat Mongolia.

 

Simak Video Menarik Berikut:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.