Sukses

Nyi Roro Kidul...4 Film Horor Ini Terinspirasi Kisah Nyata?

Sejumlah film horor buatan Indonesia maupun luar negeri konon diambil dari kisah nyata, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kali pertama muncul pada akhir 1890-an, film horor bikin merinding dan takut para penontonnya. Namun, penggemarnya justru kian banyak, hingga saat ini.

Sejak itu, film-film menyeramkan, yang memancing reaksi 'ngeri-ngeri sedap' kian bermunculan.

Beberapa terinspirasi karya sejumlah penulis seperti Edgar Allan Poe, Bram Stoker, dan Mary Shelley. Lainnya mengeksploitasi legenda atau diklaim terinspirasi kisah nyata, misalnya kejadian kriminal mengerikan -- yang tentu saja didramatisasi,  

Selain kisah-kisah horor dari Indonesia, seperti dikutip dari beberapa sumber dan diringkas dari therichest.com pada Rabu (5/7/2017), berikut ini adalah sejumlah kisah horor yang diklaim terinspirasi dari kejadian-kejadian nyata:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ratu Pantai Selatan dan Si Manis Jembatan Ancol

(Sumber Wikipedia)

Beberapa dekade lalu, film horor Ratu Pantai Selatan menghiasi dunia layar lebar Indonesia. Ternyata, kisah itu diangkat dari legenda Nyi Roro Kidul yang terkenal di kalangan masyarakat Pantai Selatan Jawa.

Putri kesayangan Nyi Roro Kidul dikisahkan ingin hidup di darat dengan cara menjelma menjadi ikan mas yang ditemukan oleh pria sederhana bernama Kosim. Sementara itu, wanita juragan kapal bernama Darsi amat gigih menginginkan Kosim sebagai suami.

Karena penggunaan ilmu hitam oleh Darsi, Nyi Roro Kidul pun harus ikut campur demi menyelamatkan putrinya.

Demikian juga dengan tokoh Siti Ariah dalam film Si Manis Jembatan Ancol. Menurut legenda, Siti Ariah berubah menjadi hantu bernama Mariam setelah ia diperkosa dan dibunuh dengan cara dilempar ke pinggir laut Ancol.

Versi yang dikutip dari Majalah Intisari, 'Ketoprak Betawi' menyebut, pada tahun 1950-an, koran seperti Keng Po beberapa kali memuat berita kecelakaan lalu lintas di Jembatan Ancol yang beberapa kali merenggut korban jiwa. 

Biasanya, kecelakaan terjadi saat senja atau malam. Pemicunya adalah kemunculan seorang perempuan ayu yang berdiri di tepi jembatan atau tengah jalan yang kala itu masih sepi. 

Kadang-kadang, ia terlihat menyeberang jalan. Mobil yang dikemudikan para pengemudi yang lengah dan tak waspada tiba-tiba keluar dari badan jalan, menabrak pohon, atau terbalik.

Masyarakat meyakini, perempuan itu adalah hantu jadi-jadian Aria atau Arie, putri Mak Emper yang tiba-tiba lenyap tanpa meninggalkan jejak di kawasan Ancol pada tahun 1870-1871. Saat itu, usianya baru belasan tahun. 

Aria diduga jadi korban kejahatan seksual.

3 dari 5 halaman

2. Annabelle

Boneka yang menjadi ilham film Annabelle. (Sumber Flickr)


Kisah boneka kesurupan seakan melekat dalam benak masyarakat Amerika. Para pencipta film The Conjuring menyadari hal tersebut setelah perhatian yang dicurahkan kepada tokoh Annabelle pada 2014.

Aspek yang paling menyeramkan dalam kisah film Annabelle adalah karena kisah itu didasarkan kepada kisah nyata suatu investigasi oleh Ed dan Lorraine Warren.

Annabelle yang sesungguhnya adalah boneka bernama Raggedy Ann yang dihadiahkan kepada seorang siswi keperawatan pada 1970. Seorang perantara (medium) menjelaskan bahwa boneka dihuni oleh roh seorang remaja bernama Annabelle Higgins.

Siswi itu tadinya tidak percaya pada penjelasan si perantara hingga akhirnya boneka tersebut mulai menampakkan perilaku-perilaku jahat.

4 dari 5 halaman

3. The Conjuring

Cuplikan film The Conjuring. (Sumber Flickr)

Film pertama The Conjuring menghadirkan penyidik paranormal yang memang ada dalam dunia nyata, Ed dan Lorraine Warren. Jalan cerita The Conjuring didasarkan kepada suatu investigasi yang dilakukan oleh pasangan Warren walaupun disebutkan adanya sejumlah fakta yang ditambahkan dari kasus-kasus lain untuk melengkapi cerita.

The Conjuring dianggap terlalu merasuk dalam kehidupan nyata sehingga ada beberapa gugatan hukum dilayangkan kepada para pembuat film. Pemilik rumah dalam film itu mengaku rumahnya diterobos beberapa kali karena dikenal melalui film tersebut.

Beberapa penerobos itu bahkan menempatkan perlambang-perlambang setan dalam rumah, sehingga menambah kengerian pada riwayatnya yang memang sudah muram.

5 dari 5 halaman

4. Silence of The Lambs

Cuplikan film Silence of The Lambs. (Sumber Flickr)

Film Silence of The Lambs adalah maha karya sinema dan telah meraih Academy Awards untuk 5 kategori utama. Siapa sangka bahwa film horor yang paling dihargai para kritikus itu secara bebas didasarkan kepada kejadian-kejadian nyata.

Para penulis film mengakui bahwa mereka menghadirkan sejumlah unsur dalam film itu berdasarkan kepada para kriminal dalam kehidupan nyata. Secara khusus, disebutkan bahwa tokoh antagonis Buffalo Bill secara bebas didasarkan kepada seorang pembunuh berantai bernama Ed Gein.

Gein sendiri menjadi sumber ilham sebagai Leatherface dalam film lain, Texas Chainsaw Massacre. Ternyata kejahatan Gein telah menjadi inspirasi bagi lebih dari satu film.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.