Sukses

7 Tentara AS Ditemukan Tewas Pasca-Tabrakan Kapal dengan Filipina

Sempat dinyatakan hilang, 7 AL ditemukan tewas pasca-tabrakan antara kapal AS dengan Filipina.

Liputan6.com, Tokyo - Tujuh personel Angkatan Laut Amerika Serikat yang hilang pasca-tabrakan antara USS Fitzgerald dengan kapal dagang Filipina ACX Crystal pada 17 Juni 2017 lalu, ditemukan tewas di dalam sebuah kompartemen yang banjir di USS Fitzgerald.

USS Fitzgerald adalah kapal tempur destroyer class milik AL-AS seberat 10.000 ton. Sementara ACX Crystal merupakan kapal peti kemas berbendera Filipina seberat 29.000 ton.

Kedua kapal bertabrakan di Laut Jepang, sekitar 90 km barat daya Yokosuka pada Sabtu 17 Juni 2017 sekitar pukul 02.30 waktu setempat.

Menurut otoritas, tabrakan menyebabkan kerusakan, kebocoran, hingga membanjiri bagian kanan kapal (starboard side) USS Fitzgerald. Sementara ACX Crystal tidak mengalami kerusakan berarti.

Laporan otoritas pada hari itu juga menyebutkan bahwa tujuh AL-AS awak USS Fitzgerald hilang akibat kecelakaan tersebut.

Dan kini, ketujuh AL-AS itu ditemukan tewas oleh tim pencari dari Armada AL-AS Ke-7 di dalam sebuah kompartemen USS Fitzgerald yang terendam air. Demikian seperti yang dilaporkan oleh CNN, Minggu (18/6/2017).

Ketujuh jasad ditemukan oleh tim pencari saat USS Fitzgerald telah kembali berlabuh ke pangkalannya di Yokosuka, Jepang. Kemudian jenazah dibawa ke rumah sakit AL setempat.

"Para keluarga tengah dikabarkan dan AL-AS akan memberikan dukungan yang mereka butuhkan. Nama para korban tewas akan diumumkan setelah seluruh keluarga telah diberitahu seluruhnya," kata pernyataan dari AL-AS tanpa penjelasan lebih detail mengenai jumlah jasad yang ditemukan maupun penyebab kematian para korban.

Sejumlah media sementara menduga bahwa ketujuh personel AL-AS itu tenggelam di dalam kompartemen kapal yang terendam air akibat kebocoran pasca-tabrakan.

Komandan USS Fitzgerald Letnan Kolonel (AL) Bryce Benson memuji para awak kapal yang berusaha menahan kebocoran yang disebabkan oleh tabrakan.

Para awak juga dipuji lantaran berhasil mengembalikan kapal untuk kembali berlabuh ke Yokosuka, meski menderita kerusakan yang cukup parah. Saat ini, kapal tersebut tengah diinspeksi untuk perbaikan.

USS Fitzgerald yang memiliki panjang 15 meter itu, merupakan jenis destroyer class tipe Arleigh-Burke bermuatan rudal kendali dengan total awak sebanyak 330 pelaut. Sebelum insiden, ia lepas jangkar dari Yokosuka pada Jumat 16 Juni 2017 untuk melakukan operasi patroli rutin di Laut Jepang.

Sementara itu, tidak ada korban luka maupun jiwa dari ACX Crystal yang berawak 20 pelaut. Tabrakan hanya menyebabkan kerusakan ringan di bagian moncong depan (bow side) kapal.

ACX Crystal yang berbendera Filipina itu milik firma Jepang Dainichi-Invest Coorporation dan disewa oleh perusahaan perkapalan Negeri Sakura bernama Nippon Yusen Kabushiki Kaisha (NYK).

Saat ini, NYK dan Dainichi akan bekerjasama secara penuh dalam proses investigasi yang ditangani oleh Japan Coast Guard.

"Simpati dan turut berduka kepada mereka yang terkena dampak," ujar NYK.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.